Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Pilot Lion Air Mulai Disidangkan

Muhammad Aris Pratama alias Aris, pilot Lion Air yang terjerat kasus pemukulan mulai disidangkan di Pengadilan Negeri Tangerang, Banten.
Palu Hakim/Jibi
Palu Hakim/Jibi

Bisnis.com, TANGERANG - Muhammad Aris Pratama alias Aris, pilot Lion Air  yang terjerat kasus pemukulan mulai disidangkan di Pengadilan Negeri Tangerang, Banten.

Pria berusia 26 tahun itu didakwa dengan pasal 351 KUHP tentang penganiayaan.

Pada sidang itu, agendanya hanya pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum dan pemeriksaan saksi-saksi.

Saksi yang dihadirkan diantaranya korban Niki Budiman dan supir mobil Lion Air yang ditumpangi Aris saat kejadian. Karena merupakan sidang pertama, suasana sidang berlangsung normal tanpa ada bantahan-bantahan atau pun sesuatu yang berarti.

Aris didakwa dalam kasus pemukulan terhadap seorang warga Bintaro bernama Niki Budiman. Kasus yang terjadi pada September 2013 itu bermula saat Niki Budiman berangkat dari kediamannnya di kawasan Bintaro Jaya menuju tempat bekerjanya melalui jalan tol JORR.

Niki   melihat mobil operasional air crew Lion Air type Daihatsu Grand Max dengan Nopol B 1982 PFI hendak memutar arah pada tempat yang tidak semestinya dan memotong lajur kendaraan bebas hambatan yang mengarah ke jalan tol JORR.

Niki  pun memberikan sinyal lampu jauh kepada pengendara mobil tersebut, namun pengendara tetap tidak berhenti dan tetap melajukan kendaraannya, sehingga secara spontanitas harus "membanting stir" kendaraannya ke arah lajur kiri.

Dia  menegur pengendara mobil Lion Air itu, namun empat penumpang kendaraan tersebut tidak menerima teguran itu dan langsung melakukan pengeroyokan.

Budiman kemudian melaporkan pilot Lion Air tersebut Polsek Pondok Aren dengan ancaman Pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan.

Namun, Pasal 170 KUHP  ternyata tidak terbukti, sementara tersangkanya ditetapkan satu orang atas nama Muhammad Aris Pratama dengan Pasal 351 KUHP. Niki yang pada sidang dihadirkan sebagai saksi tak mau banyak bicara kepada wartawan. Ia menyerahkan semuanya kepada pengacaranya.

Kuasa hukum Niki Budiman, Erick Pandapotan mengaku sedikit kecewa dengan beberapa poin yang berbeda dengan fakta yang dibacakan Jaksa Penntut Umum. Juga pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kuasa hukum tersangka terhadap korban yang tidak ada relevansinya dengan persidangan.

“Sidang akan dilanjutkan minggu depan, Kamis (4/3) dengan agenda masih pemeriksaan saksi-saksi,” kata Hakim Ashadi Sembiring yang juga Humas di Pengadilan Negeri Tangerang, usai memimpin sidang.  


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper