Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bunga Langka Raflesia Bengkuluensis Ditemukan Mekar di Hutan

Bunga raflesia jenis langka yakni Rafflesia Bengkuluensis ditemukan mekar di kawasan hutan sekitar Desa Manau Sembilan, Kecamatan Padangguci Kabupaten Kaur, Bengkulu

Bisnis.com, BENGKULU-- Bunga raflesia jenis langka yakni Rafflesia Bengkuluensis ditemukan mekar di kawasan hutan sekitar Desa Manau Sembilan, Kecamatan Padangguci, Kabupaten Kaur, Bengkulu.

"Bunga itu kami temukan di dalam hutan di pinggir Sungai Penangkulan, Padangguci Hulu," kata seorang warga Nopriyanto, seperti dikutip Antara, Sabtu (22/2/2014).

Dia mengatakan bunga tersebut ditemukan warga Desa Sungai Manau Sembilan. Karena dianggap biasa, informasi bunga mekar tersebut tidak disebarkan ke warga desa lain.

Nopriyanto yang mendapat informasi itu lalu langsung menuju hutan untuk melihat keunikan bunga langka itu. "Warnanya merah pucat, mengarah ke merah muda, dengan diameter sekitar 45 sampai 50 centimeter," katanya.

Menurutnya, lokasi bunga mekar dapat dijangkau dengan berjalan kaki selama satu jam dari desa. Topografi yang cukup ekstrem seperti turun naik tebing dan melintasi Sungai Cawang Kidau menjadi tantangan tersendiri untuk melihat bunga unik itu.

Selama ini, lanjutnya, masyarakat belum mengetahui bahwa bunga rafflesia adalah jenis langka dan dilindungi. "Kami mencari informasi di internet tentang bunga itu, ternyata memang langka dan dilindungi," katanya.

Selain itu, menurutnya, di Bengkulu lebih sering ditemukan Rafflesia Arnoldii.

Hal ini dibenarkan Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Sofian Ramadhan bahwa bunga rafflesia jenis bengkuluensis sangat jarang ditemui. "Ini kesempatan langka melihat bunga jenis bengkuluensis," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper