Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dituduh Plagiat, Anggito Abimanyu Mundur dari UGM

Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unversitas Gadjah Mada Anggito Abimanyu mengundurkan diri dari institusi tempatnya mengajar, menyusul tuduhan plagiarisme yang dilakukannya terhadap tulisan Hotbonar Sinaga.
Anggito Abimanyu/Antara
Anggito Abimanyu/Antara

Bisnis.com, YOGYAKARTA--Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unversitas Gadjah Mada Anggito Abimanyu mengundurkan diri dari institusi tempatnya mengajar, menyusul tuduhan plagiarisme yang dilakukannya terhadap tulisan Hotbonar Sinaga.

"Demi mempetahankan kredibilitas Universitas Gadjah Mada (UGM), dengan nilai-nilai kejujuran, integritas, dan tanggung jawab akademik saya telah menyampaikan mundur sebagai dosen," kata Anggito dalam jumpa pers di Kampus UGM Yogyakarta, Senin (17/2/2013).

Ia menjelaskan pengunduran dirinya tersebut terkait dengan artikel opini yang ia tulis di surat kabar harian Kompas berjudul Gagasan Asuransi Bencana pada 10 Februari 2014.

 Anggito mengakui, dalam penulisannya telah terjadi kesalahan pengutipan referensi yang ada dalam dokumen di komputer miliknya.

"Telah terjadi pengutipan referensi dalam sebuah folder di komputer pribadi saya yang belakangan diketahui merupakan kertas kerja yang ditulis oleh saudara Hotbonar Sinaga dan Munawar Kasan," paparnya

Dalam jumpa pers yang juga dihadiri mahasiswa, rektor serta beberapa dosen itu, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama itu menyatakan menyesal dan memohon maaf terhadap seluruh civitas akademika UGM.

"Saya mengaku khilaf dan memohon maaf sebesar-besarnya khususnya kepada saudara Hotbonar Sinaga dan Munawar Kasan," katanya.

Sementara itu, Rektor UGM Praktikno mengatakan akan menindaklanjuti pengakuan Anggito dengan meminta masukan dari Senat Akademik serta akan melalui sidang komite etik. "Tidak ada keputusan final. Kami butuh waktu untuk ini."

Menurut Praktikno, pengakuan serta permohonan pengunduran diri Anggito merupakan beban berat bagi UGM mengingat Anggito merupakan salah satu aset penting yang dimiliki Universitas terkemuka di Yogyakarta tersebut.

Menurut Pratikno, apabila sidang komite etik tidak membuktikan bahwa Anggito bersalah atau melakukan tindakan plagiarisme, permohonan pengunduran diri itu akan ditolak.

"Saya sangat terpukul atas kejadian ini. Namun ini menyangkut kredibilitas UGM dan kredibilitas pak Anggito juga," katanya.

Seorang mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM Caraka mengaku tidak percaya atas tuduhan plagiarisme yang menimpa salah satu pengajarnya tersebut.

Menurut dia, Anggito merupakan sosok dosen yang jujur dan teliti. "Pak Anggito adalah salah satu dosen favorit bagi kami. Ini sulit dipercaya," kata mahamsiswa jurusan Akuntansi semester delapan itu. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper