Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pencucian Uang: DFSA Periksa Deutsche Bank

Deutsche Bank AG akhirnya bersedia menyerahkan dokumen operasional divisi wealth management mereka ke otoritas keuangan Dubai terkait penyelidikan yang dilakukan terhadap praktik bisnis bank asal Jerman itu.
Kantor Deutshe Bank AG/Bloomberg
Kantor Deutshe Bank AG/Bloomberg

Bisnis.com, DUBAI--Deutsche Bank AG akhirnya bersedia menyerahkan dokumen operasional divisi wealth management mereka ke otoritas keuangan Dubai terkait penyelidikan yang dilakukan terhadap praktik bisnis bank asal Jerman itu. 

Bloomberg melansir Senin (10/2), Dubai Financial Services Authority (DFSA) telah memulai pemeriksaan terhadap Deutsche Bank di Pengadilan Dubai International Finance Centre (DIFC) pada 31 Oktober 2013. Otoritas setempat melibatkan pengadilan untuk memerintahkan pihak bank bekerja sama dalam penyelidikan itu. 

Menurut DFSA, Deutsche Bank bakal memberikan arsip-arsip yang dibutuhkan dalam 28 hari dan bersedia membayar biaya penyelidikan. Namun, pihak bank menolak memberikan komentarnya.

Berdasarkan berkas pengadilan yang disampaikan pada 17 November 2013, DFSA sedang memeriksa apakah bisnis wealth management bank tersebut melanggar berbagai aturan, diantaranya menyangkut due diligence, kajian risiko pencucian uang dan perjanjian dengan klien. Dalam berkas jawabannya, Deutshe Bank mengatakan mereka akan melanggar hukum Swiss apabila setuju menyerahkan dokumen yang diminta. 

 Upaya litigasi terhadap bank yang berbasis di Frankfurt, Jerman ini adalah yang keempat dilayangkan DFSA terhadap sebuah bank sejak 2007. 

Deutsche Bank bukan satu-satunya lembaga finansial asing yang mendapat perhatian DFSA atas praktik bisnisnya. Tahun lalu, otoritas yang sama menjatuhkan denda ke seorang bankir dari BNP Paribas, CEO Dubai untuk sebuah bank asal Lebanon, dan sebuah firma akuntan. (Bloomberg)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anissa Margrit
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper