Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Elit Partai Demokrat Miliki Kepentingan Pribadi dalam Konvensi Capres

Guru Besar Ilmu Politik Universitas Indonesia Budiatna mengatakan para elit Partai Demokrat yang mendukung peserta konvensi bakal calon presiden partai tersebut memiliki kepentingan seperti jabatan dan uang.
/ilustrasi
/ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Guru Besar Ilmu Politik Universitas Indonesia Budiatna mengatakan para elit Partai Demokrat yang mendukung peserta konvensi bakal calon presiden partai tersebut memiliki kepentingan seperti jabatan dan uang.

"Ya begitulah kurang lebih [berharap mendapat jabatan], seperti dulu orang banyak mendukung SBY seperti pengusaha agar mendapatkan proyek," kata Budiatna, seperti dikutip Antara, Jumat (31/1/2014).

Dia menilai tokoh-tokoh partai yang mendukung peserta konvensi ingin menjadi menteri ataupun jabatan lain.

Menurut dia, masing-masing tokoh memiliki kepentingan dari jagoannya karena para peserta konvensi ada yang berasal dari internal serta eksternal Demokrat.

"Karena yang ditampilkan dalam konvensi banyak ada orang internal dan ada yang dari luar Demokrat. Intinya semua muaranya ke uang," ujarnya.

Budiatna menilai meskipun banyak elit Demokrat yang mendukung peserta konvensi, tetapi suara partai itu akan semakin merosot, mengingat banyaknya kader yang bermasalah terutama terkait dalam kasus dugaan korupsi.

Sebelumnya, diberitakan elit Demokrat terbelah dalam mendukung peserta konvensi bakal capres partai tersebut.

Misalnya, Pramono Edhie Wibowo yang didukung Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono dan juru bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul.

Selanjutnya, Gita Wirjawan yang didukung Ketua DPP Partai Demokrat Kastorius Sinaga, dan Dahlan Iskan didukung Sekretaris Dewan Kehormatan TB Silalahi.

Sementara itu, kubu Marzuki Alie didukung Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper