Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kiat Memilih Jurusan Ke Perguruan Tinggi

Menjelang masuk ke perguruan tinggi, tak jarang siswa di tingkat SMA merasa kebingungan untuk memilih jurusan pendidikan yang akan ditempuh. Melihat fenomena tersebut, pasangan suami istri Ina Liem dan Budi Prast berinisiatif untuk membuat sebuah buku berjudul 'Kreatif Memilih Jurusan'.nn
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang masuk ke perguruan tinggi, tak jarang siswa di tingkat SMA merasa kebingungan untuk memilih jurusan pendidikan yang akan ditempuh.

Melihat fenomena tersebut, pasangan suami istri Ina Liem dan Budi Prast berinisiatif untuk membuat sebuah buku berjudul 'Kreatif Memilih Jurusan'.

Buku yang diluncurkan hari ini, Sabtu (18/1/2014) di Comma Indonesia Coworking Indonesia Space, Gedung One Wolter Place, Jakarta tersebut membahas bagaimana cara memilih jurusan yang tepat sesuai dengan bakat dan kemampuan siswa.

"Banyak sekali kasus siswa yang merasa salah jurusan hanya karena keinginan orang tua, atau kesalahan persepsi dalam memandang jurusan," ujar Ina.

Untuk itu, dirinya ingin meluruskan dengan memberikan pencerahan terhadap semua pihak, mulai dari siswa, keluarga dan sekolah dalam melihat apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih jurusan.

Perempuan yang sebelumnya berprofesi sebagai marketing universitas di Australia itu menilai salah satu yang menyebabkan siswa terjerumus pada salah pilih jurusan adalah kurangnya informasi yang didapat, sehingga siswa hanya mengetahui jurusan-jurusan yang populer saja, padahal masih banyak jurusan yang bisa didalami dan sesuai dengan minat siswa.

"Saat ini jurusan bisnis dan kedokteran masih menjadi favorit, kebanyakan alasannya karena jurusan tersebut bisa membuat lulusannya mudah mendapatkan uang," paparnya.

Ina berharap dengan buku yang ia luncurkan bertepatan dengan hari ulang tahun ke-40 itu bisa membimbing siswa untuk menemukan jurusan yang tepat dan mengantarkan mereka meniti karir yang cerah di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper