Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kartu Kredit & Debit Pelanggan Diretas, Target Corp Banjir Gugatan

Target Corp., jaringan ritel diskon terbesar kedua AS, menghadapi sekitar dua lusin gugatan dari konsumennya setelah skandal peretasan data 40 juta kartu kredit dan debit pelanggannya.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, MINNEAPOLIS - Target Corp., jaringan ritel diskon terbesar kedua AS, menghadapi sekitar dua lusin gugatan dari konsumennya setelah skandal peretasan data 40 juta kartu kredit dan debit pelanggannya.

Bloomberg melaporkan Rabu (25/12/2013), konsumen Target telah mengajukan gugatan class-action ke pengadilan federal di sejumlah negara bagian di AS , termasuk Minnesota, California, dan New York. Sebagian besar menuding perusahaan tersebut gagal melindungi informasi rahasia pelanggan.

Salah satu berkas gugatan, yang dilayangkan oleh Alfonso E. Alonso III dari San Francisco, menyatakan data pelanggan yang diretas adalah bentuk pencurian identitas yang dapat digunakan sebagai akses ke kartu kredit serta informasi rahasia dan berharga lainnya.

Gugatan-gugatan tersebut diajukan menyusul pengumuman Target pada 19 Desember, yang menyatakan kemungkinan diretasnya jutaan kartu kredit dan debit yang dipakai untuk transaksi pembayaran antara 27 November sampai 15 Desember di toko-toko mereka.

Hal itu berdampak pada menurunnya pelanggan yang datang untuk berbelanja di jaringan Target dan diprediksi menyebabkan merosotnya pendapatan. Padahal, menjelang akhir tahun merupakan masa-masa liburan dan biasanya menjadi salah satu puncak transaksi.

Dalam pernyataannya kemarin, perusahaan yang berbasis di Minneapolis, Minnesota ini menuturkan mereka telah meluncurkan situs khusus untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Atas berbagai gugatan ini, juru bicara Target Molly Snyder menolak berkomentar karena proses hukum masih berjalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anissa Margrit
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper