Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Citarum Meluap, Ribuan Rumah di Kabupaten Bandung Terendam

Banjir yang melanda Kecamatan Dayehkolot, Kabupaten Bandung, Jabar memyebabkan Sungai Citarum meluap hingga merendam sedikitnya 1.600 unit rumah.
Rustam Agus
Rustam Agus - Bisnis.com 16 Desember 2013  |  12:59 WIB
Citarum Meluap, Ribuan Rumah di Kabupaten Bandung Terendam
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG--Banjir yang melanda Kecamatan Dayehkolot, Kabupaten Bandung, Jabar memyebabkan Sungai Citarum meluap hingga merendam sedikitnya 1.600 unit rumah.

Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Bandung Dadang Wahidin jumlah rumah yang terendam tersebut baru di Kecamatan Dayeuhkolot.

"Kalau di Kecamatan Baleendah kami belum tahu datanya. Yang pasti total ada 3.000-an rumah yang ada di Baleendah," katanya seperti dikutip Antara, Senin (16/12/2013).

Dia mengatakan, akibat rumah terendam air maka sekitar 464 kepala keluarga (KK) mengungsi ke tempat yang aman.

"Saat ini warga mengungsi ke sembilan titik pengungsian, seperti di aula Kecamatan Dayeuhkolot, Aula Pasawahan, SDN Pasawahan 8, Masjid Al Amanah, Masjid Al Hilal, Masjid PLN dan di Koramil Dayeuhkolot," katanya.

Menurut Dadang hujan deras yang mengguyur kawasan hulu Sungai Citarum dan anak sungainya sejak Minggu (15/12) mengakibatkan rumah di sekitar Dayeuhkolot terendam.

"Karena memang dari catatan kami sebanyak 30 kecamatan di Kabupaten Bandung diguyur hujan pada hari Minggu kemarin, bahkan di beberapa wilayah hujan turun dari jam 12 siang sampai jam 12 malam," katanya.

Selain itu, ia menuturkan jalur Dayeuhkolot dan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jabar, terputus akibat banjir dari luapan Sungai Citarum.

"Laporan dari tim kami di lapangan, sejak Minggu malam tadi, sekitar jam 8 malam, itu sudah terputus, untuk jalur Dayeuhkolot dan Baleendah," kata dia.

Akibat terputusnya akses di dua jalur tersebut, kata Dadang, maka akses jalan menuju ke kawasan Ciparay, Kabupaten Bandung, dialihkan ke Jalan Bojong Soang dan Jalan Siliwangi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir sungai citarum
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top