Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumsel Kebut Proyek Infrastruktur Jembatan

Pemprov Sumsel mempercepat pembangunan infrastruktur tiga jembatan untuk meningkatkan akses sejumlah jalan di provinsi itu .
Jembatan Musi 3/Antara
Jembatan Musi 3/Antara

Bisnis.com, PALEMBANG - Pemprov Sumatra Selatan mempercepat pembangunan infrastruktur  tiga jembatan untuk meningkatkan akses sejumlah jalan di provinsi itu .

Ketiga jembatan tersebut, meliputi Jembatan Musi 3, Jembatan Musi 4 dan Jembatan Musi 6 dengan taksiran anggaran Rp200 miliar per jembatan.

Kepala UPTD Tata Ruang Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Sumsel Regina Ariyanti mengatakan, saat ini pemerintah daerah masih melakukan proses pra kontruksi.

"Proses seperti analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) dan detail enginering design (DED) ada yang sudah rampung ada juga yang masih dikerjakan,"katanya, Selasa (10/12).

Regina memaparkan jembatan yang sudah ada saat ini, seperti Jembatan Ampera, kondisinya sudah tua dan sering terjadi kemacetan di atas jembatan. Oleh karena itu, perlu dibantu dengan jembatan baru, yaitu Jembatan Musi 3 untuk memecah arus pergerakan kendaraan.

Dia menambahkan dari ketiga proyek tersebut, Jembatan Musi 4 terlihat memiliki progres yang lebih cepat dibanding kedua proyek lainnya. Bahkan, pemprov berencana meminta alokasi anggaran senilai Rp10 miliar dari APBN 2014 mendatang.

"Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang rencananya juga menganggarkan Rp10 miliar dari APBD masing-masing untuk pembebasan lahan,"paparnya.

Sementara proyek Jembatan Musi 6, lanjut Regina, baru memasuki penyusunan studi kelayakan dan ditargetkan sudah memiliki Amdal dan DED pada 2014.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Rizal Abdullah mengatakan pihaknya menargetkan pengerjaan konstruksi Jembatan Musi 4 mulai akhir 2014.

"Sebelumnya kami targetkan 2015 pembangunan, tetapi melihat progress yang ada sepertinya operasional bisa pada 2015,"katanya.

Sekretaris Dinas PU Bina Marga Sumsel Basyaruddin Akhmad menambahkan, pembangunan Jembatan Musi 4 dan Musi 6 sangat penting untuk memecah permasalahan kemacetan yang saat ini terpusat di 2 jembatan, yaitu Ampera dan Musi 2.

"Kalau tidak cepat menyelesaikan pembangunan ini maka kami prediksi Palembang bisa stuck pada 2019," katanya.

Adapun kawasan yang nantinya akan dilalui Jembatan Musi IV, meliputi Jalan Perintis Kemerdekaan, melalui Perkantoran Dinas PU Kota Palembang, Kawasan 14 Ulu, Jalan Jaya Indah dan berakhir di Jalan A Yani Plaju.

Untuk Jembatan Musi VI nantinya akan melalui Jalan Sultan Masnyur, melewati Jalan Pangeran Sidoing Lautan, Jalan Faqih Usman sekitar 2 dan 4 Ulu, hingga Jalan Wahid Hasyim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper