Indonesia, Yingluck Shinawatra Pemerintah Sah Thailand

Pemerintah Republik Indonesia mendukung pemerintahan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra sebagai pemerintah Thailand yang sah.
Demis Rizky Gosta | 02 Desember 2013 15:08 WIB
Perdana Menteri Thailnad Yingluck Shinawatra - Bloomberg
Bisnis.com, CIANJUR - Pemerintah Republik Indonesia mendukung pemerintahan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra sebagai pemerintah Thailand yang sah.
 
Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha mengatakan Indonesia selalu mendukung pemerintah negara lain yang terbentuk secara sah.
 
Pemerintah, lanjutnya, secara konsisten menerapkan sikap tersebut termasuk dalam perselisihan antara pemerintahan Yingluck dengan gerakan anti pemerintah di Thailand.
 
“Kita tahu pemerintah di Thailand kan pemerintahan sah. Sikap kita terhadap pemerintahan di mana pun di dunia, mendukung pemerintah yang memang secara sah terbentuk dengan legitimasi,” kata Julian di Istana Cipanas, Senin (2/12).
 
Protes anti pemerintah di Thailand berujung pada konflik kekerasan antara pendukung pemerintah dengan pendukung gerakan oposisi yang meminta pengunduran diri Yingluck.
 
Konflik kekerasan di negara tersebut dikabarkan menyebabkan 3 orang korban jiwa dan 103 orang korban luka-luka. Petinggi militer Thailand sampai saat ini menyatakan bersikap netral dalam perselisihan tersebut.
 
Julian mengatakan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa terus memonitor dan secara rutin melaporkan perkembangan di Thailand.
 
“Presiden menginstruksikan agar tetap WNI dibantu bila diperlukan langkah-langkah, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” papar Julian.
Tag : thailand, yingluck shinawatra
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top