Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Sumut Berharap Menabung Jadi Gaya Hidup Pelajar

Gubernur Sumatra Utara Gatot Pujo Nugroho berharap anak muda dan pelajar di Sumut dapat memiliki kebiasaan menabung.

Bisnis.com, MEDAN - Gubernur Sumatra Utara Gatot Pujo Nugroho berharap anak muda dan pelajar di Sumut dapat memiliki kebiasaan menabung.

Dia juga ingin mengkoordinasikan dan mengajak perbankan di Sumut untuk mensosialisasikan secara masif kepada pelajar dan anak muda di Sumut agar menabung menjadi gaya hidup mereka.

Menurutnya dengan kebiasaan yang baik, anak-anak muda tersebut akan menjadi tulang punggung kemajuan Sumut di masa yang akan datang.

"Untuk itu kami berharap kiranya ada sebuah kegiatan yang periodik dari perbankan agar bisa melakukan edukasi ke sekolah-sekolah di Sumut," ujarnya sambutan pada kegiatan 'Edukasi Keuangan dan Kampanye Gerakan Indonesia Menabung' di Lapangan Benteng, Medan, Minggu (24/11/2013).

Edukasi tersebut, sambungnya, dapat berupa kegiatan ekstra kurikuler kepada anak sekolah yang isinya sebuah penjelasan tentang nilai uang. Sehingga, para pelajar dapat mengetahui arti penting uang dari sisi ekonomi agar menjadi pribadi yang sukses di masa mendatang.

Dihadapan ratusan pelajar, Gatot menuturkan, merekalah calon-calon pemimpin masa depan. Untuk itu, para pelajar hendaknya mempersiapkan untuk menjadi pemimpin dengan membentuk kepribadian yang baik sejak dini.

"Salah satunya dengan menabung. Menabung tidak harus dalam bentuk uang tetapi bisa juga dalam bentuk pengetahuan dan pengalaman untk menjadi pribadi yang sukses," kata dia.

Dia berharap Gerakan Indonesia Menabung (GIM) menjadi sebuah gerakan yang besar dan dapat menjadi sebuah kesadaran kolektif bagi generasi muda di Sumut.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IX Sumut dan Aceh mencatat sebanyak 2,31 juta penduduk usia produktif di Sumut belum memiliki rekening tabungan.

Jumlah rekening tabungan di Sumut hingga September 2013 mencapai 6,52 juta rekening. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 11,50% atau 673.000 rekening dibanding akhir Desember 2012.

Adapun Jumlah saldo tabungan per September 2013 mencapai Rp62,51 triliun atau naik tipis 0,29% sebesar Rp181,53 miliar dibanding akhir Desember 2012.

Sementara jumlah penduduk Sumut sebanyak 13,21 juta jiwa, sekitar 66,84% atau 8,83 juta jiwa merupakan penduduk usia dewasa produktif.

Terdapat potensi sebesar 2,31 juta penduduk produktif yang dapat dioptimalkan untuk menabung atau membuka rekening tabungan di perbankan Sumut.  (ra)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper