Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awas! Aktivitas Gunung Sinabung Terus Meningkat

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara tercatat 8 kali erupsi selama kurang dari 24 jam terakhir yang mengakibatkan debu vulkanik mencapai Medan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan aktivitas gunung terus meningkat. Sejak Sabtu malam (23/11/2013) hingga Minggu pagi (24/11/2013) Gunung Sinabung tercatat 8 kali meletus.
/Antara
/Antara

Bisnis.com, MEDAN--Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara tercatat 8 kali erupsi selama kurang dari 24 jam terakhir yang mengakibatkan debu vulkanik mencapai Medan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan aktivitas gunung terus meningkat. Sejak Sabtu malam (23/11/2013) hingga Minggu pagi (24/11/2013) Gunung Sinabung tercatat 8 kali meletus.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, mengatakan erupsi pertama Gunung Sinabung terjadi pada Sabtu (23/11/2013) pukul 21:26 WIB.

"Suara dan getaran terdengar hingga pos yang berjarak 8 kilometer dari Gunung Sinabung dengan durasi 2 menit," ungkapnya, Minggu (24/11/2013).

Dia menjelaskan terjadi jatuhan lapili atau batu kecil seukuran 0,5 cm - 1 cm, jatuh di Desa Sukanalu, Sigarang-garang, Kuta Tunggal, dan Lau Kawar. Amplituda letusan over scale selama 3 menit dan Gunung Sinabung terpantau tertutup kabut.

Disusul kemudian terjadi erupsi kedua pada pukul 21:38 WIB. Tidak lama kemudian tepatnya pada pukul 22:02 WIB terjadi letusan ketiga.

Gunung Sinabung kembali erupsi pada pukul 23:15 WIB untuk keempat kalinya dengan durasi 67 menit. Kolom letusan tidak teramati dan arah angin menuju utara-timur laut.

Memasuki Miinggu dinihari (24/11/2013), tepatnya pada pukul 00:45 WIB terjadi erupsi susulan dengan durasi 10 Menit. Kali ini tinggi kolom juga tidak teramati dan arah angin menuju utara dan timur laut.

"Letusan pertama hingga kelima tidak sebesar pada letusan 18-19 November 2013. Tetapi angin ke arah utara dan timur laut sehingga terjadi hujan abu vulkanik di Medan dan sekitarnya," paparnya.

Pukul 02:32 WIB, Minggu dinihari, terjadi erupsi yang keenam kalinya dengan visual tertutup dan durasi letusan 339 detik.

Kemudian erupsi ketujuh terjadi pada Minggu pagi pukul 07:35 WIB dengan arah angin ke timur dan timur laut. Letusan kali ini terdengar suara gemuruh selama 1 menit, dan asap letusan mencapai 8.000 meter.

Pada pukul 08:55 WIB kembali terjadi erupsi susulan untuk kedelapan kalinya. Tercatat amplituda maksimal 120 mm dengan lama erupsi 7,9 menit. Ketinggian abu vulkanik mencapai 3.000 meter dan terbawa arah angin ke timur.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi pada Sabtu malam merekomendasikan agar 4 desa harus dikosongkan. Keempat warga di desa tersebut yaitu Desa Kutagunggung, Kutarakyat, Sigarang-garang dan Sukanalu, telah dievakuasi.

BNPB mencatat saat ini sebanyak 12.300 jiwa pengungsi tersebar di 20 pos penampungan. BNPB bersama tim tanggap darurat tengah melakukan pendataan secara rinci.

"Masa tanggap darurat diperpanjang lagi hingga 30 November 2013. Sebanyak sekitar lebih dari 500 personil dari BNPB, BPBD Sumut, TNI, Polri, SKPD dan relawan dikerahkan dalam penanganan erupsi Gunung Sinabung," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper