Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inggris Selidiki Spam Pada Pelanggan Perbankan

Tim investigasi cybercrime Inggris mencari sumber rentetan spam yang dapat membekukan komputer dan meminta tebusan pada jutaan pelanggan perbankan.
/reuters
/reuters

Bisnis.com, London--Tim investigasi cybercrime Inggris mencari sumber rentetan spam yang dapat membekukan komputer dan meminta tebusan pada jutaan pelanggan perbankan.

Seperti dikutip Reuters pada Sabtu (16/11/2013), badan nasional penanggulangan kejahatan Inggris menyebutkan tim tersebut mulai bekerja pada bulan lalu. Pasalnya, saat ini sedang terjadi serangan spam email, dimana penerima email akan mengira itu dikirimkan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya.

Serangan spam pada email itu dianggap sangat berisiko, karena dikirimkan secara masal dan mengincar pelaku usaha kecil menengah.

Spam pada email itu berisi lampiran berupa korespondensi yang terkait dengan email penerima, seperti pesan suara, fax, dan rincian tagihan untuk segera dibayarkan. padahal, lampiran tersebut mengandung virus dan malware yang berbahaya bagi komputer.

Selain itu, lampiran itu juga terhubung ada jaringan yang disebut Cryptolocker yang dapat mengekskripsi data komputer pengguna jaringan itu. Kemudian, akan muncul pesan yang menuntut pembayaran sekitar US$865 agar pengguna komputer dapat mendapatkan kembali datanya.

Badan penanggulangan kejahatan Inggris pun meminta masyarakat yang menerima pesan itu untuk tidak membayarnya, karena tidak ada jaminan data tersebut akan diberikan oleh pelaku kejahatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper