Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Isu Upah tak Kurangi Daya Tarik Investasi Indonesia

Sejumlah konsul kehormatan negara asing di Indonesia menilai iklim usaha di Tanah Air masih menarik investasi dari luar negeri di tengah gejolak tuntutan kenaikan upah yang terjadi setiap tahun.
ilustrasi/bisnis.com
ilustrasi/bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA - Sejumlah konsul kehormatan negara asing di Indonesia menilai iklim usaha di Tanah Air masih menarik investasi dari luar negeri di tengah gejolak tuntutan kenaikan upah yang terjadi setiap tahun.

Meski demikian, mereka menilai komunikasi buruh dengan pengusaha perlu diperbaiki.

Konsul Kehormatan Macedonia untuk Indonesia Soy Martua Pardede menguraikan respon negara yang diwakilinya terhadap iklim investasi di Indonesia masih bagus. Terbukti ada agenda kunjungan kenegaraan dan bisnis awal 2014 mendatang.

"Asean utamanya Indonesia dengan ekonomi terbesar kedua di regional menjadi daya tarik yang cukup besar," jelasnya di Surabaya, Rabu (6/11/2013).

Isu buruh yang muncul setiap tahun, sambungnya, tak mengubah perspektif terhadap potensi ekonomi. Meski demikian pola penyampaian kenaikan standar upah harus diubah.

"Buruh naik gaji bukan karena demonya, tapi komunikasi dengan pengusaha harus diperbaiki dan buah dari produktivitas," tegasnya.

Para konsul kehormatan di Indonesia sedianya membahas potensi ekonomi dalam pertemuan konsul se-Asia timur Kamis-Minggu (14-17/11/2013). Dijadwalkan hadir 90 konsul dari luar negeri.

Hadir pula sebagai pembicara konferensi Mahatir Mohamad dan Supachai Panitchpakdi. Keduanya membahas potensi ekonomi Asia dari kacamata dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper