Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadapi MEA 2015, Perbanas Institute Siapkan SDM Kompeten

Perbanas Institute telah menerapkan secara penuh kurikulum baru yang berbasis kompetensi mulai tahun akademik 2012/2013.

Bisnis.com, JAKARTA - Perbanas Institute telah menerapkan secara penuh kurikulum baru yang berbasis kompetensi mulai tahun akademik 2012/2013.

Rektor Perbanas Institute Prof. Dr. Marsudi Wahyu Kisworo mengungkapkan kurikulum yang inovatif itu dirancang dengan referensi perkembangan ilmu dan pengetahuan di
bidang keuangan, perbankan, dan informatika, penyesuaian dengan kurikulum global, serta masukan-masukan dari para anggota Perbanas.

"Dengan kurikulum baru ini diharapkan daya saing alumni Institut Perbanas dapat meningkat dan siap menghadapi tantangan- tantangan masa depan, dan dalam konteks Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 dan integrasi di bidang perbakan pada 2020 hal ini sangat relevan," ujarnya dalam keterangan pers, Kamis (31/10).

Untuk itu, sambungnya,  telah dirumuskan sebuah visi Perbanas Institute yang disebut sebagai Visi 2019 atau  Vision 19. Visi itu  sebagai panduan Perbanas Institute menjadi institusi yang dapat membangkitkan sikap kejiwaan yang menopang daya cipta, menyuburkan semangat karsa, mengasah kepekaan rasa dalam lingkungan yang beretika-religius, yang menyuburkan semangat kemanusiaan, saling pengertian, dan toleransi, sehingga Institut Perbanas menjadi the most reputable Asian Banking Education Institute.

Visi 2019 berlandaskan  core values Institut Perbanas yang disebut sebagai ETHICS, yaitu  Endurance, Trust, Humanity, Integrity, Competence, dan Sense of Belonging .

"Dalam bidang ekonomi, Indonesia sebagai bagian komunitas Asean juga dituntut untuk siap menghadapi integrasi ekonomi dalam MEA ini. Salah satu yang manjadi isu strategis adalah kesiapan sumber daya insani yang berkualitas, kompeten dan kompetitif," ujar Marsudi.

Dalam acara wisuda Perbanas Institute perioder II yang digelar di Jakarta Convention Center pada Minggu (27/10) dipilih tema Penguatan Kompetensi dan Etika Sumber Daya Insani di Bidang Keuangan, Perbankan, dan Informatika dalam rangka Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Tema ini diangkat sesuai dengan kondisi riil yang ada yang menjadi tantangan besar bagi bangsa Indonesia.

Wisuda Perbanas Institute 2013 Periode II itu dihadiri oleh seluruh sivitas akademika, Ketua Yayasan Pendidikan Perbanas Sukatmo Padmosukarso, dosen, karyawan, perwakilan mahasiswa. 

Sejumlah mitra strategis Perbanas Institute melakukan penandatanganan MoU kerja sama di acara wisuda, yaitu PT Tugu Pratama Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk, dan PT Bank Danamon, Tbk.

Perbanas Institute mewisuda sebanyak 578 Sarjana dan ahli madya yang terdiri dari S2 Magister Manajemen (17), S1 Akuntansi (289), S1 Manajemen (207), S1 Kelas
Internasional (5), S1 Teknik Informatika (10) S1 Sistem Informasi (20), D3 Akuntansi (14), danD3 Manajemen (3), D3 Komputerisasi Akuntansi (3).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper