Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ganja di Laci Akil Mochtar 3 Linting, Satu di Antaranya Bekas Pakai

Bisnis.com, JAKARTA--Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi Janedjri M Gaffar membenarkan adanya penemuan barang bukti diduga ganja dan obat-obatan terlarang di ruang kerja Ketua MK Akil Mochtar oleh penyidik KPK, Kamis (3/10/2013)  malam."Berdasarkan

Bisnis.com, JAKARTA--Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi Janedjri M Gaffar membenarkan adanya penemuan barang bukti diduga ganja dan obat-obatan terlarang di ruang kerja Ketua MK Akil Mochtar oleh penyidik KPK, Kamis (3/10/2013)  malam.

"Berdasarkan berita acara yang disampaikan KPK, memang benar dikatakan seperti itu (ditemukan benda diduga ganja dan obat-obatan terlarang)," kata Janedjri di Gedung MK, Jakarta, Jumat (4/10/2013).

Dia menjelaskan benda yang diduga ganja tersebut berjumlah tiga linting, di mana satu linting di antaranya sudah bekas pakai. Sedangkan obat-obatan terlarang yang ditemukan diduga jenis inex berjumlah dua butir berwarna hijau dan ungu.

"Benda diduga ganja dua setengah linting, yang satu itu setengah karena bekas pemakaian. Sedangkan obat diduga inex dua butir, warna hijau dan ungu," katanya.

Barang bukti tersebut ditemukan di meja kerja Akil Mochtar, di lantai 15 Gedung MK, tepatnya di dalam laci sebelah kiri nomor dua. Seluruh barang itu terdapat di dalam bungkus rokok.

"Laci itu memang tidak ada kuncinya,"  papar Sekjen MK.

Janedjri menegaskan pihaknya tidak dalam posisi membenarkan barang itu milik Akil Mochtar atau bukan. Benda tersebut, menurutnya, telah diantarkan langsung ke Badan Narkotika Nasional sore hari ini sesuai perintah Wakil Ketua MK Hamdan Zoelva.

"Barang tersebut sedang dalam perjalanan diantarkan ke BNN, untuk diteliti apakah benar ganja dan inex atau bukan. Itu bukan kapasitas saya untuk memastikan,"  tegasnya.

Janedjri menjelaskan bahwa di ruangan tempat benda tersebut ditemukan memang tidak terdapat kamera CCTV. Dia juga tidak ingin mengatakan apakah ada kemungkinan benda tersebut diletakkan seseorang atau tidak.

"Saat penyidik KPK masuk jelas staf saya mendampingi. Penyidik memang minta didampingi," ujarnya.

Terkait kemungkinan Akil  benar menggunakan narkotika atau sejenisnya, Janedjri tidak bisa memastikan. Dia hanya mengetahui bahwa  Ketua MK telah berhenti merokok dua tahun lalu.

Kamis  malam, beredar pemberitaan telah ditemukannya benda diduga ganja dan obat-obatan terlarang oleh penyidik KPK di ruang kerja Akil Ketua MK..

Akil Mochtar adalah tersangka dugaan suap sengketa Pilkada yang ditangkap tangan oleh KPK di rumah dinasnya di kawasan Widya Chandra, Jakarta, Rabu (2/10/2013) malam. (Antara)

Baca Juga:

o Polda Metro Koordinasi dengan KPK soal Narkoba Akil Mochtar

o Akil Mochtar Diciduk, Perjuangan From Zero to Hero-nya Berakhir di KPK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper