Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengadaan Obat di Balikpapan Bisa Pakai Skema RFS Lagi

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Pengadaan obat-obatan di delapan Puskesmas di Balikpapan bisa kembali menggunakan skema RFS (Revolving Fund System) karena pelayanan kesehatan masyarakat tersebut telah berbentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).Kepala Dinas Kesehatan
Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 22 September 2013  |  13:39 WIB
Pengadaan Obat di Balikpapan Bisa Pakai Skema RFS Lagi

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Pengadaan obat-obatan di delapan Puskesmas di Balikpapan bisa kembali menggunakan skema RFS (Revolving Fund System) karena pelayanan kesehatan masyarakat tersebut telah berbentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Dyah Muryani mengatakan sebelumnya skema pengadaan obat-obatan di Puskesmas tersebut menggunakan proses lelang sesuai dengan yang diatur dalam penggunaan anggaran daerah.

Namun, ada kelemahan dalam skema tersebut karena prosesnya yang panjang rentan menimbulkan terjadinya kekurangan stok atau kelebihan stok obat jenis tertentu karena penggunaan yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

"Mulai tahun depan Puskesmas yang sudah BLUD bisa menggunakan skema RFS lagi sehingga penggunaan anggarannya bisa lebih tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat," ujarnya kepada wartawan, Minggu (22/9/2013).

Skema RFS yakni sistem pengadaan, pemyaluran dan penjualan obat-obatan atau alat kesehatan terpakai habis yang diperlukan oleh pemakai jasa dengan menggunakan dana secara umum langsung. Dyah menyebutkan dengan skema ini pengadaan obat sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat.

Adapun untuk Puskesmas yang belum BLUD, skema lelang masih dipergunakan dengan menggunakan kontrak payung. Maksudnya, kontrak yang dipergunakan untuk pengadaan obat dalam jangka waktu setahun tetapi pengambilan obatnya dilakukan beberapa kali dalam setahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

obat baljkpapan sekema rfs
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top