Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumsel Tambah Jembatan Musi Atasi Kemacetan

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pemerintah Provinsi Sumsel memastikan pembangunan Jembatan Musi 4 akan terealisasi pada 2014 mendatang setelah adanya kepastian pengucuran dana dari pemerintah pusat. Plt Kepala Dinas PU Bina Marga Sumsel Rizal Abdullah

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pemerintah Provinsi Sumsel memastikan pembangunan Jembatan Musi 4 akan terealisasi pada 2014 mendatang setelah adanya kepastian pengucuran dana dari pemerintah pusat. 

Plt Kepala Dinas PU Bina Marga Sumsel Rizal Abdullah mengatakan pemerintah melalui Bappenas memastikan untuk memberi alokasi dana sekitar Rp300 miliar untuk pembangunan jembatan itu. 

"Pembangunan jembatan ini penting untuk memecah kemacetan dan mengurangi beban jembatan Musi dan Musi II yang ada sekarang,"katanya, Jumat (6/9/2013). 

Berdasarkan rencana yang ada, jembatan Musi 4 ini nantinya akan membentang sepanjang 2.200 meter dan menghubungkan antara jalan Perintis Kemerdekaan hingga jalan Ahmad Yani Plaju. 

Menurut Rizal, proses konstruksi jembatan ini diperkirakan memerlukan waktu sekitar 2 tahun. 

Untuk saat ini, pihaknya sedang mengerjakan studi kelayakan (FS), AMDAL, Larap atau dokumen perencanaan pengadaan tanah, Detail Engeneering Design (DED) dan rencana pembebasan lahan. 

”Khusus untuk FS, AMDAL dan DED akan kita hanya lakukan review terhadap dokumen-dokumen yang sudah pernah kita buat,” ujarnya. 

Selain  Jembatan Musi 4, Rizal menambahkan,  Pemprov sudah merancang rencana pembangunan infrastruktur di Palembang hingga  Jembatan Musi 6. 

Jembatan Itu nantinya memiliki spesifikasi panjang 2.000 meter, dan pengerjaan fisik baru akan dimulai 2015. 

"Musi 6 nanti akan dibangun melalui APBD provinsi,"katanya. 

Kawasan yang nantinya akan dilalui Jembatan Musi 6 ini adalah dari Jalan Sultan Masnyur, melewati Jalan Pangeran Sidoing Lautan, Jalan Faqih Usman sekitar 2 dan 4 Ulu, hingga Jalan Wahid Hasyim. 

“Untuk Jembatan Musi 6 tahun ini kita mengerjaan FS terlebih dahulu, sedangkan untuk AMDAL, Larap, DED, dan rencana pembebasan lahan akan dilakukan pada pada 2014 mendatang,” ujarnya. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas PU BM Provinsi Sumsel, Basyaruddin Akhmad menambahkan, pembangunan Jembatan Musi 4 dan Musi 6 sangat  mendesak untuk dilakukan terlebih jika kita melihat kondisi lalu lintas di kota Palembang saat ini. 

"Kalau tidak cepat, kami prediksi Palembang akan mengalami kemacetan total pada 2019 nanti,"paparnya. (ltc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Lutfi Zaenudin
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper