Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rupiah dan IHSG Terpuruk, BI Siap Respon dengan Kebijakan Makro Prudential

Bisnis.com, JAKARTA--Bank sentral akan merespon pergerakan nilai tukar rupiah yang semakin melemah dan terpuruknya indeks saham dengan mengandalkan kebijakan makro prudential.
Anggi Oktarinda
Anggi Oktarinda - Bisnis.com 21 Agustus 2013  |  10:56 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Bank sentral akan merespon pergerakan nilai tukar rupiah yang semakin melemah dan terpuruknya indeks saham dengan mengandalkan kebijakan makro prudential.

Hal itu dikemukakan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo sebelum memasuki ruang rapat di Kantor Presiden, Komplek Istana Kepresidenan, pada Rabu (21/8/2013) untuk membahas pergerakan nilai tukar dan indeks saham.

"Bank Indonesia akan terus memantau ini dan merespons dalam bentuk kebijakan-kebijakan di bidang moneter, termasuk dalam bentuk makro prudential," ujarnya.

Menurut dia, Bank Indonesia bersama dengan pemerintah terus mewaspadai perkembangan yang terjadi, yakni pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dan pelemahan indeks harga saham gabungan (IHSG) yang disebabkan oleh sentimen atas rencana pengurangan stimulus moneter di AS.

Di sisi lain, Agus juga mengingatkan pentingnya memperhatikan perkembangan di dalam negeri, khususnya yang terkait dengan neraca pembayaran.

"Di sini kami akan jaga inflasi. Kami akan jaga neraca pembayaran, stabilitas keuangan dan kami akan menjaga pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG bank indonesia Rupiah
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top