Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Libur Lebaran, Pengunjung Wisata Balikpapan Meningkat 50%

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Kunjungan wisata di Balikpapan selama libur Lebaran meningkat 50% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni  dari 10.000 orang per hari menjadi 15.000 orang per hari, seiring dengan masa  liburan.Kepala Dinas Pemuda,
Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 18 Agustus 2013  |  13:35 WIB

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Kunjungan wisata di Balikpapan selama libur Lebaran meningkat 50% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni  dari 10.000 orang per hari menjadi 15.000 orang per hari, seiring dengan masa  liburan.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Balikpapan Saiful Bahri mengatakan pihaknya hanya memantau kunjungan di Pantai Manggar Segara Sari yang berada di kawasan Balikpapan Timur.

Menurutnya, lonjakan tersebut rutin terjadi setiap tahun. Harga tiket masuk yang murah serta pilihan lokasi wisata yang terbatas menjadi salah satu penyebab membeludaknya kunjungan ke pantai tersebut.

"Harga tiketnya memang lebih murah sehingga menjadi jujugan bagi wisatawan," ujarnya, Sabtu (17/8/2013).

Dia memaparkan jumlah tersebut bisa saja bertambah di lapangan karena ada pintu masuk yang tidak resmi. Apabila dihitung dengan yang tidak resmi, jumlah pengunjung bisa mencapai  20.000 orang per hari.

Berdasarkan target, pihaknya memproyeksikan penerimaan dari tiket masuk di kawasan Pantai Manggar bisa mencapai Rp100 juta per bulan. Adapun, penerimaan pada empat hari Lebaran tahun ini mencapai Rp169 juta.

Tahun ini, target pendapatan asli daerah yang berasal dari retribusi tempat wisata bisa meningkat 30,76% menjadi Rp1,7 miliar dari sebelumnya Rp1,3 miliar. Peningkatan target ini seiring dengan realisasi penerimaan yang melampaui target hingga 107% menjadi Rp1,4 miliar.

Dia menyebutkan sepanjang tahun ini, pertumbuhan kunjungan wisata dipatok naik hingga 20% karena adanya perbaikan prasarana dan fasilitas pendukung pada beberapa obyek wisata. Target tersebut teralisasi dengan raihan retribusi yang melampaui besaran yang diharapkan.

Saiful menambahkan perbaikan prasarana dan fasilitas pendukung diantaranya seperti jalan, air mancur hingga toilet di sekitar areal lokasi wisata. Kendati nilainya tidak terlalu besar, dia mengharapkan hal tersebut bisa membantu mendongkrak jumlah pengunjung karena bisa merasa nyaman saat berada di lokasi wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata balikpapan libur lebaran
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top