Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Arus Balik Mulai Terasa di Pelabuhan Merak

Bisnis.com, MERAK-Arus balik Lebaran sudah mulai terasa di Pelabuhan Merak, Banten. hingga kini sudah lebih dari 37.721 penumpang datang dari Sumatra melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 10 Agustus 2013  |  13:35 WIB

Bisnis.com, MERAK-Arus balik Lebaran sudah mulai terasa di Pelabuhan Merak, Banten. hingga kini sudah lebih dari 37.721 penumpang datang dari Sumatra melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Bakauheni mencatat sejak pukul 08.00 WIB Jumat 9 Agustus 2013 hingga pukul 08.00 WIB pagi tadi ada 37.721 penumpang yang menuju Jawa.

Sesuai catatan ASDP Bakauheni yang dilansir Sabtu (10/8/2013), jumlah penumpang itu itu 53,94% lebih tinggi dibandingkan jumlah penumpang pada periode yang sama hari sebelumnya yang mencapai 24.503 orang.

Penumpang yang datang ke Pelabuhan Merak kebanyakan menggunakan kendaraan bermotor dengan jumlah mencapai 30.336 orang. Sementara penumpang yang berjalan kaki mencapai 7.385 orang.

Adapun penumpang yang berjalan kaki terdiri dari 5.818 penumpang dewasa, dan 1.567 penumpang anak-anak. Untuk memenuhi kebutuhan arus balik itu, ASDP Bakauheni mengoperasikan 28 kapal operasi dengan 96 trip (perjalanan bolak-balik antar pelabuhan).

ASDP Merak sendiri sudah menyiapkan 2 unit bus penghubung (shuttle bus) untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Mario Sardadi Oetomo, juru bicara ASDP Cabang Merak mengatakan bus penghubung itu akan mengantarkan penumpang dari dermaga 4 dan 5 menuju terminal bus Merak.

“Dermaga 4 dan 5 kan jaraknya cukup jauh, jadi kami siapkan bus untuk mempercepat arus penumpang nanti, sehingga tidak terjadi penumpukan penumpang,” katanya.

Selain menyediakan bus penghubung, ASDP Cabang Merak juga akan mempercepat proses bongkar muat kapal di pelabuhan, sehingga kapal dapat cepat kembali untuk mengangkut penumpang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan merak Arus Balik
Editor : Lahyanto Nadie
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top