Baca Alquran Dengan Metode Follow The Line

Bisnis.com, JAKARTA-- Ingin cepat bisa membaca dan menulis ayat Alquran? Coba terapkan metode follow the line. Metode ini sama seperti menebalkan huruf atau mewarnai gambar, yang kerap diajarkan kepada anak-anak usia dini. "Melalui cara belajar
Rahmayulis Saleh | 02 Agustus 2013 12:24 WIB

Bisnis.com, JAKARTA-- Ingin cepat bisa membaca dan menulis ayat Alquran? Coba terapkan metode follow the line. 

Metode ini sama seperti menebalkan huruf atau mewarnai gambar, yang kerap diajarkan kepada anak-anak usia dini. 

"Melalui cara belajar dengan metode follow the line ini, anak-anak dinilai lebih cepat bisa membaca Alquran," kata Lea Irawan, Ketua Yayasan Lembaga Kemanusia ESQ, di Jakarta, Jumat (2/8/2013). 

Lea menuturkan lembaganya sudah menerapkan metode tersebut kepada 1.000 anak, dalam kegiatan Semesta Ramadan, bertema Jelajahi Samudra Cintai Indonesia, di Jakarta, beberapa waktu lalu.   

Dia mengatakan dalam memaknai bulan Ramadan, Lembaga Kemanusiaan ESQ mengundang 1.000 anak yatim dan dhuafa.

"Kami mencoba untuk memberikan pengalaman tidak terlupakan bagi mereka. Selain membawa anak-anak bermain di Gelanggang Samudera Ancol, mereka juga diajak untuk menulis Alquran dengan metode follow the line," ungkapnya. 

Dia menjelaskan follow the line adalah metode menulis Alquran dengan cara menebalkan. Satu ayat Alquran yang berhasil ditebalkan, ternyata dapat memberikan kecerdasan pada anak. 

"Satu ayat yang berhasil ditebalkan, dapat memudahkan anak menghafal Alquran. Dengan metode ini pula, kita ingin mengajak anak mencintai Alquran sejak dini," ujarnya. 

Dia memaparkan anak-anak sejak dini sebaiknya dibiasakan dekat dengan Alquran, tapi dengan cara yang menyenangkan. Usahakan memakai metode yang sesuai usia anak, sehingga mereka bisa senang.

 Pada kegiatan Semesta Ramadan tersebut, kata Lea, anak-anak juga diajak mengenal ciptaan Allah dengan melihat keanekaragaman hayati di lautan Indonesia. 

"Biasanya kami memberikan santunan, namun kali ini kami ingin memberikan nilai lebih berupa hiburan sekaligus pengetahuan akan kekayaan bahari indonesia, sehingga memotivasi mereka untuk menjaga serta melestarikan laut Indonesia," ungkapnya. (ltc)

Tag : anak, alquran
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top