Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebaran Idulfitri 2013: Pemprov Riau Legalkan Mobil Dinas untuk Mudik

Bisnis.com, PEKANBARU--Pemerintah Provinsi Riau melegalkan penggunaan kendaraan dinas untuk mudik Lebaran Idulfitri 2013."Namun sifatnya situasional, seperti ketika angkutan umum yang mungkin terbatas, maka boleh saja. Asalkan tetap bisa menjaga dan

Bisnis.com, PEKANBARU--Pemerintah Provinsi Riau melegalkan penggunaan kendaraan dinas untuk mudik Lebaran Idulfitri 2013.

"Namun sifatnya situasional, seperti ketika angkutan umum yang mungkin terbatas, maka boleh saja. Asalkan tetap bisa menjaga dan merawat aset tersebut dengan baik," kata Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit, Rabu (31/7/2013) malam.

Mambang Mit mengatakan pihaknya masih memberikan toleransi kepada pejabat yang memang memiliki fasilitas pribadi, tetapi terbatas.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengingatkan agar mobil dinas tidak digunakan untuk kepentingan mudik karena peruntukkan mobil dinas itu untuk keperluan pekerjaan.

Menanggapi pernyataan Mendagri itu, Mambang mengaku telah mengetahuinya dan berupaya untuk menjalankan apa yang diperintahkan.

"Namun sekali lagi dijelaskan, bahwa penggunaan mobil dinas sifatnya situasional. Artinya tidak mutlak semua pejabat boleh membawa mobil dinas untuk mudik. Kalau memang sudah memiliki mobil pribadi, tidak lagi dibenarkan," katanya.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga melarang pejabat dan pegawai negeri sipil (PNS) mudik menggunakan kendaraan dinas dan jika hal itu dilanggar sama halnya dengan korupsi.

Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas menyatakan pemerintah daerah yang menyetujui para pejabat atau PNS menggunakan mobil dinas untuk mudik, adalah hal yang tidak benar.

Menurutnya, tujuan penggunaan mobil dinas adalah untuk melayani masyarakat, bukan untuk kepentingan pribadi pejabatnya.

Menanggapi pernyataan Wakil Ketua KPK itu, Mambang kembali menyatakan bahwa apa yang menjadi keputusananya adalah tidak mutlak. (antara/nti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper