Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rumah Perlu Sediakan Alat Pemadam Kebakaran

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan produsen alat pemadam kebakaran Gunnebo mengingatkan masyarakat agar memiliki perangkat alat pemadam kebakaran di rumah. Tak hanya itu, keberadaan alat pendeteksi alat dan panas juga sebaiknya dipasang.
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 23 Juli 2013  |  20:19 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan produsen alat pemadam kebakaran Gunnebo mengingatkan masyarakat agar memiliki perangkat alat pemadam kebakaran di rumah. Tak hanya itu, keberadaan alat pendeteksi alat dan panas juga sebaiknya dipasang.

Padatnya pemukiman di Indonesia utamanya di Pulau Jawa membawa konsekuensi tingginya potensi kebakaran di sektor rumah tangga. Ketersediaan alat pemadam api ringan penting untuk menangani awal kebakaran.

Business Area Manager Fire Products Gunnebo Indonesia Andre Adrian mengatakan setidaknya ada tiga penyebab utama kebaran pada rumah tangga. Mulai dari korsleting listrik, ledakan kompor gas, hingga human error. Sumber api bisa dari lilin, obat nyamuk, rokok, dan petasan.

"Akibat instalasi listrik yang tidak benar sehingga menimbulkan panas yang berubah jadi api dan membakar bangunan," kata Andre, Selasa (23/7/2013).

Sementara ledakan kompor gas marak terjadi di Indonesia pascakonversi minyak tanah ke Elpiji 3 kilogram beberapa tahun lalu. Umumnya ini dipicu pemasangan regulator gas yang tidak benar sehingga gas bocor dan mudah menyambar ketika ada percikan api.

Penyebab lainnya adalah kobaran api yang disebabkan kesalahan manusia. Biasanya masyarakat kurang peka saat meroko, menyalakan lilin, memasang obat nyamuk termasuk menyalakan petasan.

"Karena kelalaian manusia akhirnya menimbulkan kebakaran meluas kepada tetangga yang lain," tutur Andre.

Untuk menghindari kebakaran akibat korsleting listrik di setiap bangunan salah satunya bisa dicegah dengan menghindari hubungan stop kontak yang bertumpuk-tumpuk. Regulator kompor gas juga harus secara rutin diperiksa untuk mendeteksi keborocan dini.

Selain itu, keberadaan perangkat pemadam api juga perlu dicek setiap beberapa tahun sekali. "Setelah 5 tahun tabung pemadam harus dicek kondisinya," ucap Andre

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemadam kebakaran gunnebo
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top