Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Merapi dan 1.000 Hari Wafatnya Mbah Maridjan

Bisnis.com, SLEMAN - Jumat sore pekan lalu (19/7/2013) adalah tepat 1.000 hari wafatnya Ki Suraksi Hargo (Mbah Maridjan), juru kunci Gunung Merapi, termasuk juga para korban erupsi pada 2010 silam. Ratusan warga bukan hanya datang dari wilayah lereng

Bisnis.com, SLEMAN - Jumat sore pekan lalu (19/7/2013) adalah tepat 1.000 hari wafatnya Ki Suraksi Hargo (Mbah Maridjan), juru kunci Gunung Merapi, termasuk juga para korban erupsi pada 2010 silam.

Ratusan warga bukan hanya datang dari wilayah lereng Gunung Merapi di Dusun Kinahrejo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, namun juga hadir para simpatisan, relawan dan Tagana. Mereka memadati area petilasan atau bekas rumah Mbah Maridjan sekitar lima kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Pada erupsi Gunung Merapi 26 Oktober 2010, Wedus Gembel atau awan panas menerjang kediaman juru kunci Merapi tersebut.

Keesokan harinya, 27 Oktober 2010, tim SAR yang menyisir wilayah Kinahrejo dan menemukan pria kelahiran 1927 itu telah tiada bersama dengan 16 warga.

"Beliau Alm Mbah Maridjan merupakan sosok yang baik, artinya sederhana , ramah dan tulus hati," kata Irwan Hidayat, salah satu tamu doa bersama.

Menurut Direktur Utama PT Sidomuncul ini, saat masih hidup semua orang yang datang ke rumahnya entah pejabat, pengusaha ataupun orang biasa diterima dengan tangan terbuka tanpa memandang status dan harta.

"Kesetiaan dan ketulusanya menjalankan tugas yang diamanatkan kepadanya oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX, sungguh sangat luar biasa. Meski nyawa taruhannya, beliau tetap menjalankan tanggungjawabnya, hingga gugur dalam menjalankan amanat itu," katanya.

Di lokasi itu pula , Redaktur Vivanews Yuniawan dan relawan PMI Bantul Tutur juga ditemukan meninggal dunia akibat terjangan awan panas.

Juru Kunci Merapi Kliwon Surakso Asihono - yang juga putra Almarhum Mbah Maridjan - mengaku sangat berterima kasih atas kepercayaan menggunakan sosok ayahnya untuk masih eksis menjadi bintang iklan meski beliau telah wafat.

 

"Kalau melihat iklan itu seakan-akan bapak kami hadir kembali," katanya.

Agus Wiyarto - kerabat dekat almarhum Mbah Maridjan - yang juga pernah mengantarkan almarhum Redaktur Vivanews Almarhum Yuniawan bertemu dengan Mbah Maridjan mengaku pertemuan dengan Wawan merupakan pertama dan terakhir.

Menurut Agus, dirinya masih teringat ketika dirinya memaksa Wawan untuk turun dari rumah mbah Maridjan agar tidak menjadi korban awan panas.

"Saat itu almarhum tak bersedia turun, namun saya tarik dan naik mobil turun ke bawah. Saat itu juga almarhum bilang ingin bersama Mbah Maridjan," katanya.(antara/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper