Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perempuan Entrepreneur, Kunci Pintar Membagi Waktu

sby.dnet.idBisnis.com, JAKARTA - Cerita lain soal pengalaman berbisnis datang dari Nilam Sari, perempuan ini mengaku tantangan terbesar dalam berprofesi sebagai pengusaha sekaligus seorang ibu adalah menentukan skala prioritas dan membagi waktu.

sby.dnet.id

Bisnis.com, JAKARTA - Cerita lain soal pengalaman berbisnis datang dari Nilam Sari, perempuan ini mengaku tantangan terbesar dalam berprofesi sebagai pengusaha sekaligus seorang ibu adalah menentukan skala prioritas dan membagi waktu.

Ketika dia memulai bisnis berjualan makanan dengan merek Piramizza sekitar 7 tahun yang lalu, dia bersama suaminya masih bisa mengelola semua sendiri, mulai dari memasak, belanja bahan baku, sampai pencatatan keuangan.

Namun, seiring berjalannya waktu, bisnis di bawah PT Piramida Zahira ini makin berkembang, dan Nilam mulai menemukan untuk membentuk sebuah tim manajemen. Kerjanya dulu yang 24 jam pun kini dibatasi sesuai jam kantor.

Dia juga menerapkan pemisahan yang ketat terhadap keuangan pribadi dan usaha. Tiap satu outlet, dulu uangnya ditempatkan di satu dompet. Dua outlet, dua dompet. Setelah outlet-nya mencapai 10, barulah dia mulai rajin belajar ke konsultan maupun ke rekan-rekannya yang juga berbisnis.

Gerai Piramizza kini telah berjumlah sekitar 35, yang tersebar bahkan sampai di Bukit Bintang, Kuala Lumpur, Malaysia. Omzetnya kurang lebih 300.000-400.000 bungkus per hari.

Tugas-tugas yang dulu dia tangani sekarang mulai didelegasikan ke orang lain. Dengan demikian, Nilam bahkan punya waktu untuk melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana sambil mengasuh ketiga buah hatinya.

“Yang penting adalah manajemen waktu antara keluarga, bisnis, kehidupan sosial dan diri sendiri secara proporsional. Kalau kita bahagia maka hal yang lain akan terpengaruh secara positif,” papar Nilam.

Cerita sukes lainnya diutarakan Jessie Dewi. Baginya menjadi seorang mompreneur adalah sebuah jalan yang harus dilakoni dengan sungguh-sungguh. Sebagai ibu dari seorang anak berusia 14 tahun, Jessie harus pintar membagi waktu. Apalagi saat ini, wanita berusia 31 tahun itu menyandang single parent, dia mesti banting tulang membiayai kebutuhan anak sendirian.

Beruntung, bisnis furniture di bawah nama Natural Jess yang kini digelutinya mampu mencukupi kebutuhan keluarga. Setidaknya membiayai kehidupan diri sendiri dan anak.

Pendapatan per bulan dari bisnis yang dilakoni Jessie tidak besar-besar amat. Meskipun dia menolak membeberkan berapa jumlah yang diterima. “Sudah bisa nyewa apartemen dan beli mobil dari hasil usaha juga sudah Alhamdulillah," ujarnya.

Showroom furnitur Natural Jess, yang dulunya bernama Jess Guest berdiri sejak 2008. Bisnis yang digeluti Jessie bergerak di bidang furnitur berbahan alami. Beragam produk seperti sofa, kursi, lemari, meja dan lainnya terbuat dari rotan.

Bukan hanya pasar domestik saja yang ingin dia sasar. Target ke depan, sebanyak mungkin produk-produk Natural Jess bisa terbang jauh-jauh ke luar negeri. Apalagi, produk-produk yang dihasilkan cukup bersaing dengan menggunakan bahan berkualitas.

Menurut Jessie, berwirausaha adalah sebuah pilihan. Menjadi mompreneur juga adalah sebuah tantangan tersendiri. Satu sisi dia harus mengurus pesanan, di sisi lain dia bertanggung jawab mengurus anak semata wayangnya. Itulah alasan sang anak kini ditempatkan di boarding school agar bisa terurus dengan baik. Jika weekend tiba, baru dia habiskan waktu dengan anak. (Gloria N. Dolorosa, Miftahul Khoer & Bunga Citra Arum)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Endang Muchtar
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper