Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GEMPA ACEH : Kemensos Catat 36 Korban Tewas

Bisnis.com,  JAKARTA  - Kementerian Sosial RI mencatat terdapat 36 korban jiwa akibat gempa bumi 6,2 skala richter yang terjadi di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah Provinsi Aceh pada 2 Juli 2013."Data sementara warga yang meninggal dunia

Bisnis.com,  JAKARTA  - Kementerian Sosial RI mencatat terdapat 36 korban jiwa akibat gempa bumi 6,2 skala richter yang terjadi di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah Provinsi Aceh pada 2 Juli 2013.

"Data sementara warga yang meninggal dunia berjumlah 36 orang, dan 234 orang luka-luka," kata Sosial Margo Wiyono, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (6/7/2013).

Margo mengatakan Dinas Sosial Provinsi Aceh membuka 8 titik dapur umum untuk melayani kebutuhan makanan pengungsi korban gempa bumi di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah.

Dengan rincian dapur umum tersebut 6 di Aceh Tengah dan 2 di Kabupaten Bener Meriah. Kementerian Sosial juga mengerahkan 220 orang anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk membantu para korban gempa.

Gempa bumi yang melanda dataran tinggi Gayo itu menyebabkan kerusakan yang parah terutama di Kabupaten Aceh Tengah yaitu dari 14 kecamatan, 12 di antaranya terkena dampak gempa.

Sementara di Kabupaten Bener Meriah dari 10 kecamatan hanya 5 kecamatan yang rusak parah akibat gempa bumi.

Upaya penanganan tanggap darurat gempa Aceh terus dilakukan hingga sekarang. Evakuasi dan penyelamatan korban serta layanan kesehatan dan pemenuhan kebutuhan pangan korban gempa menjadi fokus utama.

Sebelumnya jumlah korban tercatat 35 orang meninggal, 8 korban hilang, 275 orang luka-luka, 4.292 rumah rusak, dan 83 bangunan fasilitas umum rusak. (Antara / c51)




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Others
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper