Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yakin Krisis Usai, Polandia Pangkas Suku Bunga

Digiart-gps.comBISNIS.COM, WARSAWA—Bank sentral Polandia memangkas suku bunga pinjaman ke rekor terendah, tetapi memastikan bahwa siklus penurunan suku bunga di negara dengan perekonomian terbesar di Eropa Timur itu telah berakhir seiring dengan

Digiart-gps.com

BISNIS.COM, WARSAWA—Bank sentral Polandia memangkas suku bunga pinjaman ke rekor terendah, tetapi memastikan bahwa siklus penurunan suku bunga di negara dengan perekonomian terbesar di Eropa Timur itu telah berakhir seiring dengan pemulihan ekonomi.

Dewan Kebijakan Moneter Polandia menurunkan suku bunga acuan sebesar 0,25 poin menjadi 2,5% pada Kamis (3/7/2013).

Nilai tersebut sesuai dengan perkiraan 38 dari 39 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg. Satu orang lainnya memprediksi suku bunga tidak akan berubah.

Setelah mengumumkan pemangkasan, Gubernur bank sentral Polandia Marek Belka mengatakan suku bunga harus tetap berada di level saat ini paling tidak hingga akhir tahun.

Polandia telah memangkas bunga pinjaman sebesar 2,25 poin sejak November 2012 di saat perekonomian melambat. Sejak terjadi perlambatan pada kuartal I/2013, penjualan ritel secara mengejutkan naik, manufaktur bertumbuh, dan kepercayaan bisnis dari Jerman—pasar ekspor terbesar Polandia—meningkat untuk bulan kedua pada Juni.

“Kondisi terburuk bagi Polandia telah berakhir. Saat ini, kami akan melihat pemulihan secara bertahap dan akhir dari siklus pelonggaran moneter sebagai sebuah ekspresi dari optimisme Dewan Kebijakan Moneter,” jelas Belka.

Nilai tukar zloty menguat 0,6% menjadi 4,3107 per euro pada Rabu siang di Warsawa. Imbal balik dari obligasi pemerintah berjangka 2 tahun meningkat 2 basis poin menjadi 2,98%. (Bloomberg/53)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper