Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

SIMAK UI Diikuti 39.675 Peserta

BISNIS.COM, DEPOK: Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) kembali dilaksanakan secara serentak di 17 kota di Indonesia yaitu Jakarta, Tangerang Selatan, Serang, Depok, Bekasi, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Medan,
Herry Suhendra
Herry Suhendra - Bisnis.com 30 Juni 2013  |  19:41 WIB

BISNIS.COM, DEPOK: Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) kembali dilaksanakan secara serentak di 17 kota di Indonesia yaitu Jakarta, Tangerang Selatan, Serang, Depok, Bekasi, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Medan, Padang, Bukit Tinggi, Pekanbaru, Palembang dan Cirebon pada Minggu, 30 Juni 2013.

SIMAK UI 2013 diikuti 39.675 peserta, 4 peserta diantaranya adalah peserta berkebutuhan khusus. Para siswa/i SMA/Sederajat akan bersaing memperebutkan lebih kurang 3.125 bangku untuk program pendidikan Vokasi, Sarjana Reguler, dan Paralel.

Pada tahun 2013 ini, para mahasiswa yang diterima di UI pada program S1 Reguler melalui SIMAK UI dibebaskan dari uang pangkal (UP). Dengan demikian, UP program S1 Reguler tidak lagi dibebankan kepada orangtua/wali mahasiswa.

Pembebasan UP bagi mahasiswa S1 Reguler dimungkinkan karena kebijakan UI untuk mengalokasikan beban biaya UP dari dana BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri) yang diperoleh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Bagi para mahasiswa UI Program S1 Reguler tahun akademik 2013/2014, baik yang lulus melalui SNMPTN, SBMPTN ataupun SIMAK UI, hanya akan dikenakan biaya uang kuliah atau Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) sebesar Rp 100.000 sampai maksimal Rp 5.000.000 per semester untuk jurusan IPS atau Rp 100.000 sampai maksimal Rp 7.500.000 per semester untuk jurusan IPA. Rentang biaya BOP-B tersebut disesuaikan dengan kemampuan dan tanggungan finansial orangtua/wali mahasiswa.

Saat pelaksanaan ujian SIMAK UI 2013, Rektor UI Prof.Dr. Ir. Muhammad Anis M.Met, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Bambang Wibawarta, Para Dekan Fakultas dan pimpinan UI lainnya melakukan peninjauan ke lokasi ujian Program Pascasarjana serta ruang ujian program Sarjana bagi peserta berkebutuhan khusus yaitu 3 tuna netra dan 1 tuna daksa.

Prof. Anis mengatakan SIMAK UI memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mewujudkan keinginannya menjadi mahasiswa UI dengan pilihan yang beragam mulai dari Vokasi, Sarjana Reguler, kelas Paralel maupun Internasional.

Pada SIMAK UI 2013, program studi yang paling diminati di Sarjana Reguler adalah Kedokteran sebanyak 4.928 orang. Sedangkan pada program S1 Paralel, yang paling diminati adalah ilmu Hukum dengan jumlah peminat sebanyak 2.481 orang.  Selain itu, program studi yang paling diminati pada jenjang Vokasi adalah Komunikasi dengan jumlah peminat sebanyak 1.450 orang.

Materi soal yang akan diujikan pada SIMAK UI 2013 untuk program Vokasi dan Sarjana adalah kemampuan IPA dan kemampuan dasar (untuk kelompok IPA), kemampuan IPS dan kemampuan dasar (untuk kelompok IPS) atau kemampuan dasar, kemampuan IPA dan kemampuan IPS (untuk kelompok IPC).

Kemampuan IPA terdiri dari Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi, dan IPA Terpadu. Kemampuan Dasar terdiri dari Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris dan Kemampuan IPS terdiri dari Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan IPS Terpadu. Sedangkan materi soal program pascasarjana dan profesi adalah Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris.

SIMAK UI adalah program seleksi mahasiswa UI yang diselenggarakan oleh UI untuk semua program pendidikan dari jenjang Vokasi (Diploma III), Sarjana (S1) Kelas Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Sarjana Kelas Ekstensi, Profesi, Magister, Spesialis, dan Doktoral (S3).

Dalam upaya pemerataan kesempatan belajar di UI, maka SIMAK-UI dilaksanakan secara serentak di beberapa kota besar di Indonesia, sehingga siswa atau siapapun yang ingin masuk UI dapat mengikuti seleksi di beberapa lokasi kota terdekat tanpa harus datang ke Kampus UI Depok.

SIMAK UI 2013 merupakan penyelenggaraan SIMAK UI yang ke lima semenjak pertama kali dilaksanakan pada 2009. Hasil ujian SIMAK UI 2013 akan diumumkan pada 19 Juli 2013.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

simak ui
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top