Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UJIAN SBMPTN UNIVERSITAS SRIWIJAYA: Lebih 15.000 orang berebut 2.000 kursi

BISNIS.COM, PALEMBANG--Sedikitnya 15.000 orang lulusan SMA memperebutkan 2.057 kursi Universitas Sriwijaya pada ujian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Palembang, Selasa (18/6/2013)."Jumlah peserta yang terdaftar 15.714 orang,

BISNIS.COM, PALEMBANG--Sedikitnya 15.000 orang lulusan SMA memperebutkan 2.057 kursi Universitas Sriwijaya pada ujian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Palembang, Selasa (18/6/2013).

"Jumlah peserta yang terdaftar 15.714 orang, tentunya tidak semuanya hadir," kata Ketua Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mahasiswa baru Unsri Zulkifli Dahlan, Selasa (18/6/2013).

Pelaksanaan ujian tertulis itu berlangsung lancar meski terdapat beberapa orang peserta yang datang terlambat.

"Berdasarkan laporan secara lisan dan pantauan tadi pagi, memang ada yang terlambat. Tapi, beruntung masih bisa ditoleransi karena belum melewati batas waktu 30 menit setelah ujian dimulai," ujarnya.

Pantauan Antara, kepadatan lalu lintas kendaraan telah terasa sejak pukul 06.30 WIB di kawasan Bukit Besar, karena sebagian besar sekolah di area itu digunakan tempat ujian, seperti SMA Negeri 1, SMK Negeri 3, dan ruang kampus Unsri.

Pada pukul 7.30 WIB, para peserta diharuskan masuk ke dalam ruangan ujian untuk dilakukan verifikasi data dengan menunjukan KTP serta kartu ujian. Para pengawas juga mengamati kesesuaian antara foto yang terlampir di absensi dengan peserta ujian.

Ujian dimulai pukul 08.00 WIB dengan diawali materi tes potensi akademik hingga pukul 09.00 WIB, dilanjutkan dengan tes kemampuan dasar meliputi mata uji Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris dari pukul 10.00-11.00 WIB.

Setelah ujian tersebut selesai, kepadatan lalu lintas kendaraan di kawasan itu kembali terjadi dan mulai terurai sekitar pukul 13.00 WIB.

"Pada Rabu (19/6) akan dilanjutkan dengan tes kemampuan dasar Saintek dan Soshum dari pukul 08.00-09.00 WIB. Diharapkan peserta tidak terlambat dan menyiapkan segala keperluaan," ujarnya.

Unsri menyediakan kuota 30% melalui jalur SBMPTN dari total mahasiswa baru tahun 2013.

Sementara, 3.370 kursi telah diperebutkan pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau mengambil kuota 50% dari total mahasiswa baru.

Para lulusan SNMPTN atau jalur undangan ini melakukan proses pendaftaran ulang pada hari ini atau bertepatan dengan pelaksanaan SBMPTN.

"Peserta ujian tulis tahun ini menurun dibandingkan 2012 yang mencapai 17.565 orang," katanya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper