Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SBY Ajak Negara Sahabat Tekan Laju Harga Minyak Mentah

BISNIS.COM, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak para negara sahabat untuk mengatasi kenaikan dan volatilitas harga minyak mentah dunia agar tidak memukul ekonomi global.Hal itu dikemukakan presiden di hadapan para duta besar negara

BISNIS.COM, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak para negara sahabat untuk mengatasi kenaikan dan volatilitas harga minyak mentah dunia agar tidak memukul ekonomi global.

Hal itu dikemukakan presiden di hadapan para duta besar negara sahabat, jajaran pemerintahan, kalangan dunia usaha, serta organisasi kepemudaan pada acara peluncuran laporan High Level Panel of Eminent Person on The Post 2015 Development Agenda  di Istana Negara, Selasa (18/6/2013).

"Memikirkan upaya bersama pada tingkat nasional dan global agar harga minyak mentah tidak terus naik dan memiliki volatilitas yang tinggi sehingga tidak berdampak dan memukul ekonomi semua, itu penting," ujar SBY.

Pada tingkat nasional, ujar SBY, kenaikan harga minyak mentah dunia berujung pada kebijakan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) demi menyelamatkan fiskal dan APBN.

"Mengatasi kenaikan harga minyak mentah dunia, terpaksa harga BBM kami naikkan agar fiskal dan APBN kita [negara] selamat. Agar makro ekonomi kita terjaga, tetapi yang miskin juga kami lindungi. Itu penting, sebagaimana yang menjadi perhatian kita semua.

SBY menilai sangat penting ada kerjasama global yang baik, terutama dalam mengatasi hubungan supply dan demand untuk mengatasi gejolak harga minyak dunia.

"Kita jemput hulunya, kita atasi hulunya agar semua tidak menjadi korban dari absennya kerja sama global yang baik," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggi Oktarinda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper