Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PENDIDIKAN: UI Gelar Workshop Pembelajaran Online

Herry Suhendra
Herry Suhendra - Bisnis.com 10 Juni 2013  |  20:49 WIB

BISNIS.COM, DEPOK:Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud, dan Utah State University menyelenggarakan Workshop Developing Online Education sebagai wujud kepedulian terhadap perkembangan pembelajaran online di Indonesia pada 10-13 Juni 2013.

Acara yang diselenggarakan di Gedung A Lt 2 Ruang Rapat Besar, Fasilkom UI kampus Depok, itu menghadirkan narasumber di antaranya Prof. T.Basaruddin (Dekan Fasilkom UI), Prof Kurt Becker(CEER Director, Department of  Engineering Education, Utah State University), dan Oenardi Lawanto (Assistant Professor, Department of Engineering Education, Utah State University).

Peserta workshop berasal dari perguruan tinggi di Indonesia yang telah mengembangkan pembelajaran online. Workshop diselenggarakan secara tatap muka dan dilaksanakan dengan pendekatan pembelajaran aktif. Pada workshop ini peserta dapat berinteraksi secara sinkronus dengan fasilitator dan narasumber.

Pada workshop tahapan pertama (pre-workshop) diselenggarakan secara online baik sinkronus maupun asinkronus dengan difasilitasi LMS (http://doed.cs.ui.ac.id/kelas/).

Di akhir workshop peserta akan mendapatkan penugasan, yaitu merancang workplan pembelajaran dari mata ajar yang diampu dan mengembangkan materi ajar elektronik.

Penyusunan materi ini dilakukan selama tahapan ketiga yang berlangsung dari Juni sampai November 2013 di bawah bimbingan fasilitator secara online, di mana mereka diberikan beberapa materi dan penugasan dari fasilitator yang dilakukan secara online.

“Diharapkan melalui workshop ini para peserta memperoleh pengetahuan dalam pengembangan kurikulum pembelajaran online,” kata  Kepala Komunikasi Universitas Indonesia Farida Haryoko,  Senin (10/6/2013).

Selain itu, dapat menjadi titik awal bertemunya para pakar dari berbagai perguruan tinggi untuk membangun komunitas praktisi pengembang pembelajaran online dalam mendukung misi Kementerian Pendidikan Nasional dalam pemerataan akses pendidikan, ketersediaan sumber belajar yang terjangkau dan berkualitas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ui . ditjen dikti utah university pembelajaran online

Sumber : herry suhendra

Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top