Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Memulung Sampah Dapat Rekor MURI

BISNIS.COM, JAKARTA—Kegiatan memulung sampah berhasil dapatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori peserta terbanyak.
Fatia Qanitat
Fatia Qanitat - Bisnis.com 08 Juni 2013  |  13:59 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA—Kegiatan memulung sampah berhasil dapatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori peserta terbanyak.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) tersebut berhasil melibatkan setidaknya 2.458 warga Kota Bogor dari 12 kelurahan untuk sama-sama membersihkan sungai tersebut.

"Penghargaan Museum Rekor Indonesia ini diperoleh usai kegiatan Lomba Mulung Sampah Ciliwung ke-5 yang dilakukan pekan lalu," kata Koordinator Komunitas Peduli Ciliwung, Een Irawan Putra, hari ini Sabtu (8/6/2013).

Een menyebutkan ribuan warga turun ke Sungai Ciliwung melakukan pemungutan sampah-sampah yang ada di sepanjang aliran sungai yang membentang di 12 kelurahan di Kota Bogor.

Melalui aksi tersebut, paparnya, terkumpul 2.678 karung berisi sampah organik yang berhasil dipungut dan diangkat oleh warga dari Sungai Ciliwung.

"Lomba ini mendapat dukungan banyak pihak, terutama Pemerintah Kota Bogor yang telah menetapkan kegiatan ini sebagai agenda resmi pemerintah kota," ujarnya.

Selama lima tahun digelar, lomba tersebut telah diikuti oleh 6.136 warga dan telah berhasil mengangkat sampah organik sebanyak 9.346 karung ukuran 25 kg serta dinilai oleh 480 juri.

Sementara itu, perwakilan dari Museum Rekor Indonesia, Ngandri, mengatakan, kegiatan yang diinisiasi KPC Bogor layak untuk mendapatkan penghargaan Rekor Indonesia

“Kontinuitas dan keterlibatan berbagai pihak serta warga sendiri dalam melakukan aksi bersih sungai merupakan ide yang sangat menarik," katanya.

Wali Kota Bogor Diani Budiarto mengapresiasi penghargaan yang diperoleh KPC Bogor yang sudah menginisiasi Lomba Mulung Sampah Ciliwung.

Diani mengatakan, Pemerintah Kota Bogor tetap terus mendukung inisiatif warga yang tergabung dalam komunitas untuk menjaga dan melestarikan Sungai Ciliwung yang mengalir di sepanjang Kota Bogor.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bogor sungai ciliwung rekor muri mulung sampah

Sumber : antara

Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top