Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HARGA BAWANG TURUN: Jawa Tengah Deflasi 0,72%

BISNIS.COM, SEMARANG – Provinsi Jawa Tengah mengalami deflasi sebesar 0,72% seiring dengan penurunan harga beberapa komoditas seperti bawang merah, bawang putih, jeruk, emas perhiasan dan nangka muda. Jam Jam Zamachsyari, Kepala Bidang Statistik
Pamuji Tri Nastiti
Pamuji Tri Nastiti - Bisnis.com 03 Juni 2013  |  16:44 WIB

BISNIS.COM, SEMARANG – Provinsi Jawa Tengah mengalami deflasi sebesar 0,72% seiring dengan penurunan harga beberapa komoditas seperti bawang merah, bawang putih, jeruk, emas perhiasan dan nangka muda.

Jam Jam Zamachsyari, Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik Jateng,  menjelaskan Indeks Harga Konsumen (IHK) pada deflasi itu mencapai 135,07 lebih rendah dibandingkan dengan  April yang mengalami deflasi 0,34 dengan IHK 135,43.

“Komoditas yang memberikan sumbangan terbesar terhadap terjadinya deflasi antara lain bawang merah, bawang putih, jeruk, emas perhiasan dan nangka muda,” katanya, Senin (3/6).

Menurutnya, deflasi terjadi karena ada penurunan harga yang ditunjukkan pada indeks kelompok bahan makanan sebesar 1,48%, sandang 0,71%, kesehatan 0,07% dan transportasi-komunikasi 0,13%.

Sesuai Survey Biaya Hidup (SBH) terhadap empat kota di Jateng, tiga diantaranya mengalami deflasi meliputi Kota Surakarta 0,63%, Tegal 0,33% dan Semarang0,175%, sedangkan Purwokerto inflasi 0,06%.

Inflasi di Purwokerto, kata Jam Jam, dipicu antara lain kenaikan tarif masuk kompleks wisata yang mencapai 30%.

“Hal lain yang memicu inflasi secara umum meliputi kenaikan tariff listrik, harga cabe merah, mie kering instan, batu bata dan kelapa,”

Data BPS menyebutkan lanju inflasi di Jateng sejak Januari hingga Mei 2013 mencapai 2,32% turun dari bulan lalu yang mencapai 2,50%, untuk penghitungan year on year (YoY) sebesar 5,13% lebih tinggi dibandingkan 2012 dengan inflasi 4,36%. (bas)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bawang harga bawang
Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top