Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FESTIVAL TIMUR TENGAH 2013: 40 Peserta Kontingen Asal Perguruan Tinggi Indonesia Ikuti Kejuaraan

BISNIS.COM, DEPOK-- Lebih dari 40 peserta kontingen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia mengikuti Festival Timur Tengah (FTT) 2013 yang diadakan oleh Ikatan Keluarga Asia Barat (IKABA) bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Arab

BISNIS.COM, DEPOK-- Lebih dari 40 peserta kontingen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia mengikuti Festival Timur Tengah (FTT) 2013 yang diadakan oleh Ikatan Keluarga Asia Barat (IKABA) bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Arab FIB UI Depok.

Yogi Theo Reynaldi, Ketua Pelaksana FTT 2013 mengatakan untuk kali ini, acara tahunan tersebut mengambil tema "Pesona Negeri 1001 Malam" sebagai bentuk penghormatan untuk peradaban Zaman Abbasiyah di Iraq silam.

"Kalau tahun lalu temanya tentang semangat meraih peradaban, maka tahun ini kami coba tebarkan pesonanya," ujarnya kepada Bisnis di Auditorium IX Universitas Indonesia di Depok, Kamis (18/04/2013)

FTT 2013 terselenggara karena dirasa sangat penting guna memberikan wawasan dan pemahaman mendalam mengenai Peradaban Timur Tengah, terlebih dalam menyoroti segi budaya, politik maupun bahasa.

Ribuan tahun lalu, Peradaban Timur Tengah memberikan kontribusi besar bagi peradaban dunia seperti mahakarya arsitektur, kesenian mulai dari tari, musik sampai ke puisi yang telah membius minat dan perhatian jutaan orang.

Festival tersebut juga mengajak pastisipan untuk lebih dekat dengan budaya Arab khususnya negeri julukan Negeri 1001 Malam a.l dengan diadakannya pemutaran film "Son of Babylon" dan seminar nasional "Peran Bayt Al-Hikmah" bagi peradaban dunia.

Yogi menambahkan, festival yang tahun lalu hanya diikuti oleh 32 peserta itu menampilkan sederet lomba seperti debat, esai presentasi, musik, puisi dan pidato berbahasa Arab.

"Setiap tahunnya, lomba yang paling diminati peserta adalah debat Bahasa Arab. Itu paling prestisius," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper