Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

REVISI UU PERSAINGAN USAHA: KPPU Siap Beri Masukan

BISNIS.COM, JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyatakan siap untuk memberikan sumbang-saran atas implementasi UU Monopoli kepada DPR yang menghembuskan wacana revisi.
M. Taufikul Basari
M. Taufikul Basari - Bisnis.com 10 April 2013  |  18:03 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyatakan siap untuk memberikan sumbang-saran atas implementasi UU Monopoli kepada DPR yang menghembuskan wacana revisi.

"Kami dalam posisi siap membagi pengalaman dalam penerapan dan implementasi UU Nomor 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat," kata kepala Biro Hukum dan Humas KPPU Ahmad Junaidi, Rabu (10/4/2013).

Hal itu merupakan tanggapan atas wacana DPR yang ingin kewenangan KPPU diperkuat agar lebih maksimal dalam mengungkap persaingan usaha tak sehat, termasuk kartel.

Sebelumnya, Ketua KPPU Nawir Messi menyatakan sambutan positif atas usul Komisi VI DPR yang akan mempercepat revisi UU 5/1999 terkait kewenangan komisi untuk penggeledahan dan penyitaan barang bukti.

"Saya dan komisioner lain yakin progres penanganan kartel akan sangat maju dengan kewenangan ini," katanya.

Prosesnya usulan revisi UU 5/1999 bakal diserahkan dulu ke Badang Legislatif (Baleg), baru setelah itu KPPU dimintai masukan.

Messi mengungkapkan selama ini pengusaha yang diduga menjalankan kartel sering menyembunyikan barang bukti, khususnya barang yang sengaja mereka timbun di gudang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hukum kppu kartel bawang
Editor : Fajar Sidik
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top