Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAMSOSTEK BATAM: Sedikitnya 165.000 Buruh Galangan Kapal Belum Terdaftar

BISNIS.COM, BATAM--PT Jamsostek (Persero) Cabang Batam mencatat jumlah tenaga kerja dari galangan kapal yang tidak terdaftar sebagai peserta PT Jamsostek sekitar 165.000 orang.Kabid Pemasaran Jamsostek Cabang Batam Surya Rizal mengungkapkan tenaga kerja

BISNIS.COM, BATAM--PT Jamsostek (Persero) Cabang Batam mencatat jumlah tenaga kerja dari galangan kapal yang tidak terdaftar sebagai peserta PT Jamsostek sekitar 165.000 orang.

Kabid Pemasaran Jamsostek Cabang Batam Surya Rizal mengungkapkan tenaga kerja galangan kapal masih banyak belum didaftarkan oleh perusahaannya sebagai peserta dan perusahaan para investor tersebut berasal dari dalam negeri atau PMDN.

Selain galangan kapal, karyawan supermarket juga tercatat belum terdaftar sebagai peserta Jamsostek.

"Sekitar 165 ribuan tidak terdaftar. Mayoritas yang digalangan tidak terdaftar, dari subcon. Tapi ada juga induk tidak ikut Jamsostek,"
ungkapnya, Jumat (5/4/2013).

Namun, meski begitu, ia mengakui justru perusahaan asing sudah sepenuhnya mendaftarkan karyawannya sebagai peserta Jamsostek.

Saat ini jumlah tenaga kerja aktif yang terdaftar sudah tedaftar sebagai peserta baru mencapai 235.000 orang.

Menurut Kepala Jamsostek Batam Darmadi, pihaknya bekerja sama dengan Disnaker Batam untuk meningkatkan keikutsertaan tenaga kerja di Batam, selain juga mendatangi langsung perusahaan yang bersangkutan.

Hal tersebut untuk mendorong penggunaan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) bagi pekerja agar memperoleh jaminan sosial.

Kadisnaker Batam Zarefriadi mengatakan pihaknya  sudah berkoordinasi dengan perusahaan agar menyertakan karyawan di Jamsostek melalui kerja sama dengan Jamsostek.

"Kami akan mendesak perusahaan kerjasama dengan Jamsostek untuk menjamin hak karyawan," tegasnya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Others
Sumber : Chandra Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper