Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CABAI KERITING & BAWANG MERAH Di Malang Tembus Rp60.000/Kg

BISNIS.COM,MALANG --Harga cabai keriting dan bawang merah di Kabupaten Malang Jawa Timur melambung dan menembus di kisaran Rp60.000 per kg. Kenaikan tersebut diprediksi memicu kenaikan komoditas lainnya.         
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 01 April 2013  |  20:41 WIB

BISNIS.COM,MALANG --Harga cabai keriting dan bawang merah di Kabupaten Malang Jawa Timur melambung dan menembus di kisaran Rp60.000 per kg. Kenaikan tersebut diprediksi memicu kenaikan komoditas lainnya.         

Kepala Sub Terminal Agrobis Mantung Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Totok Purwanto mengatakan kenaikan harga cabai keriting dan bawang merah di tingkat konsumen memang tidak terbendung dalam beberapa hari terakhir.         

“Kenaikannya mencapai lebih dari 100%. Sebelumnya harga cabai keriting hanya dikisaran Rp20.000 per kg. Sementara bawang merah harganya melambung akibat pasokan bawang lokal terhambat,” kata Totok kepada Bisnis, Senin (1/4/2013).         

Bawang merah langsung merambat naik setelah bawang putih turun menyusul gelontoran bawang putih impor di pasaran. Bahkan hampir 85% bawang putih yang beredar saat ini adalah berasal dari impor.         

Sementara kondisi berbeda dialami oleh bawang merah yang banyak bergantung dari pasokan lokal yakni dari Brebes Jawa Tengah dan Probolinggo Jawa Timur.
         

“Sedangkan pasokan cabai keriting dan bawang merah lokal yang ada sering terkendala di sektor transportasi. Kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Purwosari Kabupaten Pasuruan Jawa Timur misalnya membuat pasokan kerap datang terlambat,” tambahnya.         

Faktor pemicu lainnya adalah akibat faktor cuaca. Hujan yang  mengguyur dengan intensitas tinggi seperti saat ini membuat hasil panen cabai keriting dan bawang merah di tingkat petani mengalami penurunan. Akibatnya pasokan ke pasar menjadi ikut turun.         

Kendati harga cenderung melambung namun pasokan cabai keriting dan bawang merah di Mantung relatif tercukupi dimana setiap hari rata-rata mencapai 1 ton.
         

Hanya saja, lanjut Totok, kenaikan cabai keriting dan bawang merah tersebut sudah diikuti oleh komoditas lainnya utamanya cabai besar. Saat ini harga cabai besar yang kualitas A sudah dikisaran Rp20.000 per kg sementara cabai merah kualitas B Rp15.000 per kg.
         
Bupati Malang Rendra Kresna mengatakan faktor cuaca menjadi faktor utama yang harus dihadapi petani. Kendati wilayah Kabupaten Malang dikenal sebagai sentra sayuran.         

“Wilayah seperti Pujon, Ngantang, Karangploso, Tumpang, Poncokusumo, dan Wajak selama ini dikenal sebagai penghasil bawang baik putih maupun merah serta cabai,” ungkap Rendra.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komoditas bawang malang cabai

Sumber : Muhammad Sofi\'i

Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top