Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lonjakan Harga Bawang Pemicu Utama Inflasi di Palembang

BISNIS.COM, PALEMBANG-Inflasi di Kota Palembang tercatat sebesar 0,85% pada Maret 2013 dan merupakan inflasi tertinggi sejak Maret 2012 lalu.Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, Baehdi Ruswana, mengatakan tingginya inflasi ini disebabkan oleh harga
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 01 April 2013  |  16:35 WIB

BISNIS.COM, PALEMBANG-Inflasi di Kota Palembang tercatat sebesar 0,85% pada Maret 2013 dan merupakan inflasi tertinggi sejak Maret 2012 lalu.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, Baehdi Ruswana, mengatakan tingginya inflasi ini disebabkan oleh harga komoditas bawang merah yang melonjak drastis sebesar 85,38%.

"Bawang merah memang menjadi penyebab utama inflasi selain harga bawang putih dan komoditas bahan makanan lainnya,"katanya, Senin (1/4/2013).

Dia menjelaskan tren kenaikan inflasi ini memang telah terjadi sejak Maret 2012 lalu dan inflasi Maret 2013 merupakan yang tertinggi. Bahkan, inflasi Palembang ini lebih tinggi dibanding nasional yang tercatat 0,63% pada Maret 2013.

"Kalau pengeluaran kita lebih banyak untuk kelompok bahan makanan juga menunjukkan bahwa kita masih belum sejahtera".

Meski demikian, berdasarkan pemantauan harga pada 66 kota besar di Indonesia, inflasi tertinggi terjadi di Kota Sorong sebesar 1,73% dan inflasi terendah terjadi di Kota Pekanbaru sebesar 0,04%. (19)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

palembang sumsel bawang

Sumber : Dinda Wulandari

Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top