Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lonjakan Harga Bawang Pemicu Utama Inflasi di Palembang

BISNIS.COM, PALEMBANG-Inflasi di Kota Palembang tercatat sebesar 0,85% pada Maret 2013 dan merupakan inflasi tertinggi sejak Maret 2012 lalu.Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, Baehdi Ruswana, mengatakan tingginya inflasi ini disebabkan oleh harga

BISNIS.COM, PALEMBANG-Inflasi di Kota Palembang tercatat sebesar 0,85% pada Maret 2013 dan merupakan inflasi tertinggi sejak Maret 2012 lalu.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, Baehdi Ruswana, mengatakan tingginya inflasi ini disebabkan oleh harga komoditas bawang merah yang melonjak drastis sebesar 85,38%.

"Bawang merah memang menjadi penyebab utama inflasi selain harga bawang putih dan komoditas bahan makanan lainnya,"katanya, Senin (1/4/2013).

Dia menjelaskan tren kenaikan inflasi ini memang telah terjadi sejak Maret 2012 lalu dan inflasi Maret 2013 merupakan yang tertinggi. Bahkan, inflasi Palembang ini lebih tinggi dibanding nasional yang tercatat 0,63% pada Maret 2013.

"Kalau pengeluaran kita lebih banyak untuk kelompok bahan makanan juga menunjukkan bahwa kita masih belum sejahtera".

Meski demikian, berdasarkan pemantauan harga pada 66 kota besar di Indonesia, inflasi tertinggi terjadi di Kota Sorong sebesar 1,73% dan inflasi terendah terjadi di Kota Pekanbaru sebesar 0,04%. (19)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Others
Sumber : Dinda Wulandari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper