Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DATARAN TINGGI DIENG : Kawah Timbang Keluarkan Asap Hingga 50 Meter

BISNIS.COM, BANJARNEGARA -- Kawah Timbang di Desa Sumberejo, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Jumat pagi mengeluarkan asap dengan ketinggian mencapai sekitar 50 meter. "Berdasarkan pengamatan visual yang dilakukan petugas Pos Pengamatan Gunung

BISNIS.COM, BANJARNEGARA -- Kawah Timbang di Desa Sumberejo, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Jumat pagi mengeluarkan asap dengan ketinggian mencapai sekitar 50 meter.

"Berdasarkan pengamatan visual yang dilakukan petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Dieng, asap tersebut terlihat condong ke utara," kata petugas Posko Pemantauan Kawah Timbang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Andri Sulistyo, di Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jumat (29/3/2013).

Selain itu, kata dia, cuaca di Kawah Timbang terpantau cerah dan pada jarak 1.000 meter ke arah selatan tidak terdeteksi adanya gas beracun.

Kendati demikian, dia mengatakan bau belerang kadang tercium lemah hingga sedang.

Sementara berdasarkan pantauan kegempaan, kata dia, pada pukul 00.00--06.00 WIB terekam adanya satu kali gempa vulkanik dalam dan enam kali gempa vulkanik dangkal.

"Namun masyarakat sekitar Kawah Timbang tetap tenang. Mereka masih tinggal di rumah masing-masing, belum dievakuasi ke tempat-tempat yang telah kami siapkan," katanya.

Terkait status Kawah Timbang yang telah dinaikkan dari waspada menjadi siaga, dia mengharapkan, masyarakat tetap mematuhi rekomendasi untuk tidak beraktivitas di zona bahaya gas beracun atau dalam radius 1 kilometer dari Kawah Timbang.

"Hari ini, personel TNI dan para sukarelawan mendirikan tenda di Balai Desa Batur dan Sumberejo," katanya.

Seperti diwartakan, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Rabu (27/3), pukul 23.30 WIB, menaikkan status Kawah Timbang dari waspada menjadi siaga.

PVMBG merekomendasikan agar masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 1 kilometer dari Kawah Timbang. (Antara/dot)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Others
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper