Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CALON GUBERNUR BI: Ical tak beri arahan khusus ke fraksi Golkar

JAKARTA--Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (ARB) menyerahkan sepenuhnya hak penentuan sikap kepada Fraksi Golkar DPR atas calon tunggal Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus D.W. Martowardojo yang diusulkan oleh SBY."Saya serahkan kepada fraksi, tidak

JAKARTA--Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (ARB) menyerahkan sepenuhnya hak penentuan sikap kepada Fraksi Golkar DPR atas calon tunggal Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus D.W. Martowardojo yang diusulkan oleh SBY.

"Saya serahkan kepada fraksi, tidak ada arahan khusus [menerima atau menolak Agus Martowardojo]. Nanti biar fraksi yang menilai," ujarnya saat menghadiri pertemuan pengurus Partai Golkar se-Indonesia di Gedung Nusantara IV DPR, Selasa (5/3/2013).

ARB menolak berkomentar terhadap kelayakan Agus Martowardojo-kini Menteri Keuangan- sebagai calon gubernur Bank Sentral. "Biar nanti saat fit & proper test saja," jelasnya.

Malam ini, Komisi XI DPR berencana menggelar rapat internal untuk memutuskan usulan presiden terhadap calon gubernur bank sentral yang telah diajukan pada 22 Februari 2013.

Wakil Ketua Komisi XI DPR Andi Timo Pangerang menjelaskan rapat internal komisi tersebut bertujuan menindaklanjuti keputusan badan musyawarah (Bamus) DPR yang menugaskan Komisi XI melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon gubernur bank sentral.

Apabila rapat internal tersebut menyetujui nama yang diajukan oleh presiden, maka komisi yang membidangai urusan perbankan dan keuangan itu langsung menjadwalkan fit & proper test yang akan dijalani oleh Agus Martowardojo.

Dia hanya memastikan bahwa uji kepatutan dan kelayakan tersebut dilakukan pada masa sidang pertama tahun ini yang akan berakhir pertengahan April 2013.   (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Others
Sumber : Stefanus Arief Setiaji
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper