Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SWASEMBADA GULA : Jateng optimistis target produksi 368.000 ton gula tercapai

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah optimistis target swasembada gula pada tahun ini mencapai sebesar 368.000 ton dapat tercapai, seiring makin bertambahnya luas areal perkebunan tebu disejumlah kabupaten/kota yang ada di provinsi ini.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 30 Januari 2013  |  16:49 WIB

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah optimistis target swasembada gula pada tahun ini mencapai sebesar 368.000 ton dapat tercapai, seiring makin bertambahnya luas areal perkebunan tebu disejumlah kabupaten/kota yang ada di provinsi ini.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jateng Teguh Winarno optimistis mampu mewujudkan target swasembada gula 2013 mengingat realisasi panen sepanjang 2012 juga cukup bagus, yakni dari areal lahan tebu seluas 64.501 hektare (ha) memapu menghasilakn gula tebu setara 329.000 ton.

“Tahun ini minimal akan digenjot sekitar 39.000 ton lagi agar mampu mencapai swasemba, karena melihat realisasi 2012 sebesar 329.000 ton, maka untuk menuju 368.000 ton, masih kurang sekitar 39.000 ton,” ujarnya, kepada Bisnis, Rabu (30/1/2013).

Pihaknya mengaku sangat optimistis mampu mewujudkan swasembada, mengingat mulai tahun ini luas areal lahan tebu akan meningkat menjadi sekitar 70.000 ha, dari posisi tahun lalu 64.501 ha.

Menurutnya tambahan luas areal tebu menjadi sebesar itu berasal dari Program Bongkaratun (pembongkaran tebu-tebu tua yang kurang produktif) seluas 15.670 ha serta sejumlah usaha ekstensifikasi/perluasan disejumlah kabupaten/kota sekitar 1.430 ha.

“Untuk peningkatan produktifitas, juga ditambah 50 traktor besar bantuan pemerintah pusat dan alat tebang tebu sebanyak 89 paket. Namun demikian, semuanya juga bakal tercapai apabila didukung oleh musim yang bagus, meskipun perkiraan BMKG tahun ini cuacanya cukup mendukung untuk budidaya tebu, akan tetapi kenyataan kedepan kan belum tentu seperti prediksi,” ujarnya.

Pihaknya mengaku akan pasrah apabila kondisi cuaca tidak mendukung seperti yang diharapkan, yakni seperti karakteristik tanaman tebu ketika berumur 1-3 bulan sangat butuh air, 3-6 bulan hanya butuh air sedikit, dan 6 bulan hingga panen tidak membutuhkan air.

“Tapi kalau melihat cuaca sekarang, sementara ini sangat mendukung, maka kami tahun ini cukup optimistis hasil panen akan bagus,” ujarnya.

Gubernur Jateng Bibit Waluyo mengatakan hal senada, bahwa target swasemdada gula 2013 sebesar 368.000 ton akan mampu tercapai atau bahkan terlampaui.

“Melihat hasil panen tahun ini yang cukup bagus, serat luas areal lahan tebu yang terus bertambah, serta segera beroperasinya Pabrik Gula (PG) Gendis Multi Manis di Blora tahun ini akan mendukung peningkatan produktiftas penggilingan tebu yang ada di Jateng,” tuturnya. (k39)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Puput Ady Sukarno

Editor : Endot Brilliantono

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top