Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANJIR JAKARTA: BNPB modifikasi cuaca, Jakarta tak jadi tenggelam 27 Januari

JAKARTA: Prediksi banjir rob air laut yang diprediksi bakal terjadi 27 Januari 2013 tenyata meleset. Masyarakat Jakarta Utara bersyukur luapan air laut tidak menggenangi rumah mereka lebih parah.Kondisi cuaca Jakarta dalam empat hari terakhir terpantau
News Editor
News Editor - Bisnis.com 29 Januari 2013  |  09:16 WIB

JAKARTA: Prediksi banjir rob air laut yang diprediksi bakal terjadi 27 Januari 2013 tenyata meleset. Masyarakat Jakarta Utara bersyukur luapan air laut tidak menggenangi rumah mereka lebih parah.


Kondisi cuaca Jakarta dalam empat hari terakhir terpantau cerah meski kadang hujan intensitas rendah dan sedang tidak sampai ekstrem.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan kondisi itu disebabkan dua faktor kemungkinan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dan cuaca yang secara alamiah tidak ekstrem.


"TMC sudah dilakukan selama 3 hari sejak 26 Januari 2013. Cuaca di Jakarta cerah dan sebagian hujan dengan intensitas rendah hingga sedang. Hal ini disebabkan oleh 2 faktor yaitu pengaruh TMC dan kondisi cuaca regional yang secara alamiah memang menyebabkan hujan tdk ekstrem," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Selasa (29/1/2013).


Namun secara konkrit apakah TMC dengan teknologi hujan buatan tabur garam belum bisa disimpulkan keberhasilannya. Evaluasi keberhasilan akan dilakukan per 10 hari.

Sebelumnya BNPB bekerjasama dengan BPPT menabur garam puluhan ton di awan untuk membuat hujan buatan agar hujan tidak jatuh ke lokasi rawan banjir Jakarta. (arh)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Akhirul Anwar

Editor : Aprika Rani Hernanda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top