Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SENGKETA LAUT CHINA SELATAN: Xi Jinping Pertimbangkan Segera Temui Abe

BEIJING-Sekretaris Jenderal Partai Komunis China Xi Jinping sedang mempertimbangkan menemui Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe untuk membahas isu sengketa wilayah kedua negara tersebut.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 28 Januari 2013  |  14:48 WIB

BEIJING-Sekretaris Jenderal Partai Komunis China Xi Jinping sedang mempertimbangkan menemui Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe untuk membahas isu sengketa wilayah kedua negara tersebut.

Ketua Partai Komeito Natsuo Yamaguchi, utusan Jepang dalam upaya penyelesaian konflik tersebut, menyampaikan hal itu usai menemui calon Presiden China itu pada Jumat (25/1).

“Xi menekankan bahwa untuk menjaga kestabilan jangka panjang dan penguatan hubungan bilateral yang sehat, kita perlu menyelesaikan masalah ini dengan kepentingan yang lebih luas,” kata Hong Lei, juru bicara Kementerian Luar Negeri China.

Pernyataan ini mengisyaratkan kedua belah pihak tengah berusaha mengurangi ketegangan hubungan mereka dalam beberapa bulan terakhir. Jepang dan China telah menempatkan kekuatan militer di sebuah kepulauan di Laut China Timur, yang sama-sama mereka klaim.

“Mereka mencoba berdialog tapi tetap mengerahkan kekuatan militer. Jika kita mulai melihat penarikan pasukan China, baru ada perubahan sikap dari China,” kata Stephanie Kleine Ahlbrandt, direktur proyek International Crisis Group untuk Asia Timur Laut. (Ahmad Puja Rahman Altiar/yus)
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Bloomberg

Editor : Yusran-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top