Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDUSTRI MOBIL: Toyota Salip General Motor & Volkswagen

 JAKARTA: Toyota Motor Corporation mencatat penjualan global tertinggi pada tahun lalu menyalip saingan terberatnya, General Motors Co dari Amerika Serkiat, dan Volkswagen AG dari Jerman.Secara global, penjualan Toyota termasuk anak usahanya Hino

 JAKARTA: Toyota Motor Corporation mencatat penjualan global tertinggi pada tahun lalu menyalip saingan terberatnya, General Motors Co dari Amerika Serkiat, dan Volkswagen AG dari Jerman.

Secara global, penjualan Toyota termasuk anak usahanya Hino Motors Ltd dan Daihatsu Motor Co naik 23% menjadi 9,75 juta unit pada 2012. Nilai ini lebih besar dibandingkan dengan penjualan General Motors yang naik 2,9% menjadi 9,28 juta dan penjualan Volkswagen yang naik 11,2% menjadi 9,07 juta.

Hasil yang gemilang ini sesuai dengan prediksi penjualan perseroan pada Desember. Seperti dilansir Reuters, Senin (28/1), predikat penjualan nomer satu ini kembali diraih Toyota setelah disalip oleh GM pada 2011 lalu.  Kala itu, gelombang ketidakpercayaan mendera produsen otomotif Jepang itu setelah kasus recall beberapa mobilnya. Adapun banjir di Thailand dan gempa di Jepang juga berdampak buruk pada jaringan distribusi Toyota.

Seperti diketahui, Toyota sebelumnya memang selalu mencatat penjualan tertinggi sejak 2008 hingga 2010 lalu, namun pada 2011 posisinya merosot pada urutan ketiga disalip oleh GM dan Volkswagen.

Pada tahun ini, Bloomberg melansir, produsen pembuat sedan Camry ini akan
mengandalkan permintaan dari Amerika Serikat untuk mencapai target penjualan
9,91 juta.

"Toyota telah pulih total dari gempa dan bencana alam tahun lalu," kata Satoshi Yuzaki, General Manager Takagi Securities Co berbasis di Tokyo.


"Pembuat mobil dari Jepang, termasuk Toyota akan terus mendapat keuntungan
dari pasar Amerika Serikat yang cukup kuat."

Adapun, produsen mobil asal Jepang lainnya, Nissan Motor Co membukukan penjualan global sebesar 4,94 juta unit pada 2012. Sementara Honda Motor Co menjual 3,82 juta kendaraan atau naik sekitar 19%. (bas)(Foto:autoboost.fr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper