Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI THAILAND: Produksi industri per Desember 2012 Melemah

JAKARTA--Sinyal pelemahan akibat ketidakpastian ekonomi global semakin terasa di Thailand menyusul turunnya nilai ekspor dan produksi barang industri akhir tahun lalu.Pada Desember 2012, seperti yang dilansir Reuters, Senin (28/1), data industrial output

JAKARTA--Sinyal pelemahan akibat ketidakpastian ekonomi global semakin terasa di Thailand menyusul turunnya nilai ekspor dan produksi barang industri akhir tahun lalu.

Pada Desember 2012, seperti yang dilansir Reuters, Senin (28/1), data industrial output (total produksi industri nasional) Thailand naik 23,4% dari catatan buruk tahun sebelumnya yang anjlok akibat banjir besar.

Walau begitu, kenaikan pada 2012 ini berada jauh dari prediksi ekonom yang menargetkan pertumbuhan sekitar 32%. Dibandingkan dengan bulan sebelumnya, produksi industri juga tercatat turun sebesar 6,3%.

Sepanjang tahun, pertumbuhan produksi industri naik hanya 2,51%. Kementerian Perindustrian Thailand mengakui bahwa pemulihan di sektor elektronik pasca banjir besar masih berjalan lamban. Seperti diketahui, banjir pada 2011 lalu menyebabkan produksi sektor industri turun 9,3%.

Pada tahun ini, pemerintah setempat memerkirakan pertumbuhan industri akan berkisar 3,5% hingga 4,5%.

Ekonom di Kasikorn Research Center, Pimonwan Mahujchariyawong, mengkonfirmasi pemulihan industri yang berjalan lambat di negaranya.

"Kami berharap pada awal tahun ini produksi industri akan membaik namun manufacturing production index menunjukan tahun ini tidak akan menunjukan pertumbuhan yang impresif." (Reuters/10/Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper