Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANJIR JAKARTA: Total kerugian PLN Rp116 miliar?

JAKARTA--PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengalami total kerugian Rp116 miliar akibat dimatikannya beberapa unit pembangkit listrik saat pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) Muara Karang terendam banjir.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 27 Januari 2013  |  16:53 WIB

JAKARTA--PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengalami total kerugian Rp116 miliar akibat dimatikannya beberapa unit pembangkit listrik saat pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) Muara Karang terendam banjir.

Manajer Senior Komunikasi Korporat Bambang Dwiyanto mengatakan kerugian dari sektor distribusi yang sebesar Rp91 miliar menjadi kerugian PLN selama banjir yang menerjang Jakarta. Sementara kerugian teknis akibat dimatikannya unit pembangkit di PLTGU Muara Karang mencapai Rp20 miliar.

“Sementara kerugian dari transmisi akibat peralatan yang rusak karena terendam banjir mencapai Rp5 miliar, sehingga total kerugian yang dialami PLN akibat banjir di Jakarta beberapa waktu lalu mencapai Rp116 miliar,” katanya melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (27/1/2013).

Selain kerugian tersebut, Bambang juga menyampaikan banjir di Jakarta menyebabkan PLN kehilangan kesempatan menjual energi listrik sekitar Rp45 miliar. Akan tetapi, PLN tetap menganggap kerugian terbesar dari banjir itu adalah masyarakat tidak dapat menggunakan listrik dari PLN untuk menyokong kegiatan ekonomi, pendidikan, dan sosial.

Selain itu, banjir yang melanda ibukota juga mengharuskan PLN menjamin distribusi listrik ke rumah susun (Rusun) di Marunda, Pulo Gebang, dan Muara Baru, karena Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta telah menawarkan pemindahan korban banjir ke sejumlah Rusun itu.

“PLN juga telah mengoperasionalkan gardu-gardu listrik untuk memasok listrik ke Rusun. Bahkan, setiap Rusun juga telah dipasangi alat pembatasan dan pengukur listrik (APP),” ujarnya.

Seperti diketahui, banjir yang melanda Jakarta beberapa waktu lalu telah mengakibatkan pasokan listrik untuk beberapa wilayah Jakarta terganggu karena tergenangnya PLTGU Muara Karang dan beberapa gardu induk, serta gardu distribusi.(msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Lili Sunardi

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top