Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANJIR JAKARTA: Pemukim Liar Ikutan Jadi Pengungsi

JAKARTA: Jumlah pengungsi banjir yang membludak tidak sebanding dengan jumlah rumah yang terendam banjir, diduga lantaran banyaknya pengungsi yang merupakan permukim liar di Jakarta dan sekitarnya."Di Jakarta Utara, misalnya kami sempat mendapati
News Editor
News Editor - Bisnis.com 27 Januari 2013  |  13:00 WIB

JAKARTA: Jumlah pengungsi banjir yang membludak tidak sebanding dengan jumlah rumah yang terendam banjir, diduga lantaran banyaknya pengungsi yang merupakan permukim liar di Jakarta dan sekitarnya.

"Di Jakarta Utara, misalnya kami sempat mendapati banyaknya jumlah pengungsi tidak sebanding dengan jumlah rumah yang terendam banjir," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (27/1/2013).

Menurut nya, secara umum jumlah rumah yang terendam banjir di wilayah Jakarta hanya sedikit tetapi jumlah pengungsi membludak.

Hal itu mengakibatkan permasalahan sosial tersendiri yang menjadi salah satu kendala di lapangan dalam hal pendataan jumlah pengungsi.

"Ini menjadi permasalahan sosial tersendiri yang seharusnya bisa diatasi sejak dini oleh Pemprov DKI," katanya.

BNBP sering mendapati laporan banyak pengungsi tidak mendapatkan bantuan padahal pendataan telah dilakukan secara terkoordinasikan dengan baik melalui aparat kelurahan setempat.

Namun, pada kenyataannya masih banyak pengungsi yang tidak masuk dalam daftar tersebut lantaran tidak dikenali identitasnya oleh kelurahan setempat. (Antara/bas)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top