Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDUSTRI SUSU : PT Cisarua Mountain akan beroperasi Pertengan 2013

SEMARANG – PT. Cisarua Mountain Dairy atau Cimory, industri pengolahan susu baru, yang dibangun di Kabupaten Semarang rencananya akan mulai beroperasi pertengahan 2013 menyusul proses pembangunannnya telah mencapai 70%.
 
Area Manager PT Cimory, Andika Putra R. mengatakan saat ini progres pembangunan pabrik pengolah susu yang berada di Jln. Sukarno Hatta, Karangjati, Ungaran, Kabupaten Semarang telah mencapai sekitar 70%.
 
“Kami menargetkan pertengahan tahun ini atau sekitar Juli 2013 sudah bisa mulai beroperasi serta mampu menyerap susu perah hasil petani ternak di wilayah Kabupaten Semarang,” tuturnya, tanpa bersedia menyebutkan nilai investasi pembangunan pabrik tersebut, Jumat (25/1/2013).
 
Pihaknya berharapa dengan mulai beroperasinya pabrik pengolah susu dengan luas sekitar 8.000 meter persegi itu, mampu menyerap sekitar 8.000 liter susu per hari dari petani ternak susu di wilayah Kabupaten Semarang.
 
“Susu sapi yang diserap dari peternak hanya akan diolah menjadi minuman susu cair, dan belum untuk dibuat yogurt maupun diversifikasi produk lainnya seperti pabrik Cimory yang di Cisarua,” ujarnya.
 
Andika mengatakan langkah ekspansi PT Cimory, industri pengolah susu yang awalnya terletak di Bogor, Jawa Barat untuk melebarkan sayapnya dengan membangun pabrik baru di Kabupaten Semarang dikarenakan melihat potensi bisnis pengolahan susu di wilayah ini masih sangat prospektif.
 
“Apalagi di Kabupaten Semarang merupakan salah satu sentra penghasil susu sapi terbesar kedua di Jateng setelah Boyolali, dan sesuai misi Cimory menaikkan taraf hidup peternak dengan menyerap hasil susu lokal serta mengurangi impor susu bubuk,” tuturnya.
 
Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Semarang Anang Dwinanta mengatakan produksi susu sapi perah diwilayahnya saat ini terus mengalami petumbuhan minimal sekitar 7% setiap tahun.
 
“Dengan keterlibatan perbankan sangat membantu pengembangan sapi perah di  Kabupaten Semarang. Saat ini produksi susu sapi telah mencapai sekitar 60.000 liter/hari, dengan populasi sapi perah sekitar 39.000 ekor,” tuturnya. (k39/dot)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Puput Ady Sukarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper