Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

REKAYASA HUJAN: BNPB Keluarkan Rp13 Miliar

News Editor
News Editor - Bisnis.com 26 Januari 2013  |  13:56 WIB
JAKARTA:  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan BPPT akan melaksanakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) berupa hujan buatan selama 2 bulan yaitu 26 Januari-25 Maret 2013. 
 
Teknologi ini menjatuhkan hujan diluar area rawan banjir contohnya dialihkan ke laut. 
 
BNPB mengeluarkan Rp13 miliar melalui dana siap pakai untuk pelaksanaan TMC ini. 
 
Bagi BNPB ini pertama kali melakukan TMC untuk mengatasi banjir. 
 
Biasanya, hampir setiap tahun BNPB bekerjsama dengan BPPT melakukan TMC untuk mengatasi kebakaran lahan dan hutan dan kekeringan. 
 
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pelaksanaan TMC dilakukan dengan mengerahkan 4 pesawat terbang yaitu 1 Hercules C-130 TNI AU dan 3 peswat CASA 212-200 untuk mempercepat awan menjadi hujan. 
 
"Sedangkan untuk menghambat pertumbuhan awan dipasang 25 titik GBG (Ground Based Generator) yang membakar flare berisi bahan higroskopis (NaCl)," kata Sutopo dalam siaran pers, Sabtu (26/1/2013). 
 
Operasi ini juga didukung 3 radar hujan dan 6 stasiun pos meteorologi. Posko dengan Hercules di Lanud Halim Perdanakusuma sedangkan 3 Casa berada di lapangan terbang Pondok Cabe. 
 
Sutopo menambahkan dengan membuat hujan buatan melalui TMC ini diperkirakan akan mampu mengurangi hujan di Jakarta sekitar 30%. 
 
Operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) di atmosfer ini untuk mendistribusikan curah hujan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. 
 
Tujuannya mengurangi hujan sehingga banjir dapat diredam. Ada dua upaya yang dilakukankan yaitu menghambat pertumbuhan awan, dan menjatuhkkan hujan di luar daerah rawan banjir.  (ra)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Akhirul Anwar, Donald Banjarnahor

Editor : Rustam-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top